Kamis | 21 Januari 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Gelar Patroli dan Sosialisasi, Sertu Nuril Zafri : Untuk Mencegah Karlahut

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak – Babinsa Kampung Teluk Lancang, Koramil 09/Minas, Kodim 0303/Bengkalis, Sertu Nuril Zafri, melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Kampung Teluk Lancang Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Patroli dan sosialisasi dilaksanakan bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) dan warga tempatan dalam rangka mencegah terjadinya karlahut.

Loading...

Dikatakan Nuril Zafri, pelaksanaan patroli dan sosialisasi memang rutin dilaksanakan untuk mengantisipasi karlahut sekaligus mengimbau masyarakat pemanfaat lahan terkait karlahut tersebut.

“Kami laksanakan patroli untuk mendeteksi titik-titik api. Kalau ditemukan, dapat segera dipadamkan sebelum membesar dan meluas,” ujarnya.

Di samping itu, diberikan juga imbauan kepada masyarakat pemanfaat lahan agar tidal melakukan pembakaran jika ingin membuka lahannya.

“Kami sampaikan kepada masyarakat tempatan agar menghindari pembakaran lahan kalau ingin membuka lahannya. Karena jika tidak terkendali, dapat mengakibatkan karlahut. Gunakanlah cara yang lebih aman,” terangnya.

Loading...

Kebakaran lahan dan hutan, ujarnya lagi, dapat mengakibatkan banyak kerugian bagi masyarakat setempat pada khususnya.

Karena, sambungnya, pertama, menimbulkan asap yang berbahaya terhadap paru-paru. Selain itu, dapat mengakibatkan ekosistem hutan terganggu.

Semoga masyarakat semakin menyadari bahayanya membuka lahan dengan cara membakar.

Pelaksanaan patroli dan sosialisasi berjalan lancar , aman dan terkendali. Tidak ditemukan adanya titik-titik api yang dapat mengakibatkan karlahut. (juny)

Loading...
Loading...