Minggu | 24 Januari 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Kembali Buat Terobosan, Politeknik Negeri Bengkalis Teken MoU dengan PPSDM Migas

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) di bawah kepemimpinan Direktur Johny Custer, ST, MT, kembali membuat terobosan baru dengan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) yang merupakan Instansi Pemerintah Pusat di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Kegiatan penandatanganan MoU yang berlangsung sederhana serta penuh keakraban dan saling bertukar informasi tersebut dilaksanakan di Ruang Meeting Patra 2, Gedung Utama PPSDM MIGAS Jl. Sorogo No.1, Kampung baru, Karangboyo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Senin, 26 Oktober 2020.

Loading...

Dikatakan Johny Custer, kerja sama tersebut bertujuan agar civitas akademika Polbeng, baik dosen maupun mahasiswa mempunyai kompetensi mumpuni dan memiliki SDM yang terampil dan kompetitif khususnya di bidang minyak dan gas bumi.

“Kerja sama ini dijalin untuk pengembangan kualitas SDM serta untuk menggalang kerja sama dalam bidang pelatihan dan sertifikasi juga untuk mendorong peningkatan kerja sama kedua pihak menuju peningkatan kompetensi,” terangnya.

Selanjutnya ia menerangkan, kerja sama yang disepakati dalam rangka mengahadapi era globalisasi, meliputi kegiatan dalam bidang penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi. Lalu, pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan serta pelaksanaan jasa teknologi dan keahlian dan lain sebagainya yang dianggap perlu.

Masih munurut Johny Custer, Indonesia saat ini berupaya mempertahankan produksi minyak mentah sekitar 1 juta barel per hari sampai tahun 2025 dengan pelaksana kegiatan usaha hulu 50% dilakukan oleh perusahaan nasional dan terpenuhinya kebutuhan bahan baku industri dan bahan bakar nasional secara mandiri pada tahun 2025 mendatang.

Loading...

Untuk melaksanakan upaya dan mencapai target tersebut, lanjutnya, tentu dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul dan handal.

Hal ini, sambungnya, bisa menarik minat generasi muda guna menekuni profesi di bidang pertambangan dan perminyakan.

“Program link and macth antara industri hulu migas dengan institusi pendidikan sangat diperlukan agar intsitusi pendidikan mampu mencetak lulusan dengan kompetensi tinggi dan spesifik sesuai dengan kebutuhan industri,” terangnya.

Selian itu, pengembangan kompetensi para pekerja juga sangat diperlukan agar mampu melakukan alih teknologi dan mampu bersaing di era global, baik melalui job training, pelatihan maupun pelaksanaan uji kompetensi.

“Diharapkan kerjasama Polbeng dengan PPSDM Migas ini mampu menjawab kebutuhan SDM di bidang migas dan pendukungnya. Apalagi program ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintahan Kabupaten Bengkalis,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pelaksanaan penandatanganan MoU tersebut, Ketua Lembaga Serifikasi Profesi Polbeng Zainal Abidin, Kepala Pusat PPSDM MIGAS Wakhid Hasyim, Kabid Program dan Evaluasi Pengembangan SDM Migas Waskito Tunggul, Kasubid Evaluasi dan Pengembangan SDM Migas Arief Sulaksono, Koordinator Marketing Santi Oktaviani dan Analis Kerja Sama Siti Khoirotun Nisa. (juny)

Loading...
Loading...