Jumat | 27 November 2020 |
×

Pencarian

BATAM

Over Kapasitas, Pasien Positif Corona di Batam “Diungsikan” ke Bapalkes

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Disaat semua rumah sakit baik pemerintah maupun swasta yang ada di Kota Batam ini sudah tak sanggup lagi menampung para pasien covid 19, Pemerintah membuka Rusun sebagai pusat kesehatan dadakan.

Kini Rusun di Tanjunguncang itu pun sudah penuh sesak, sementara pasien positif covid di Batam semakin bertambah, pemerintah pun mulai kelimpungan.

Loading...

“Akhirnya kami putuskan untuk gunakan Bapelkes (Balai Pelatihan Kesehatan) untuk menampung para pasien,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi SPoG seperti dikutip dari batamclick.

Penggunaan Bapelkes ini sifatnya sementara, sebagai singgahan, menjelang Rusun dan rumah sakit kosong.

“Semuanya sudah over kapasitas, tak tahu mau taruh dimana lagi,” lanjut Didi.

Bapelkes yang terletak di Tanjunguncang ini berkapasitas sekitar 140 orang.

Loading...

“Hari ini saja sudah diisi 50 orang pasien positif baru, artinya daya tampungnya tinggal 90 orang saja lagi,” sambung Capt Corona ini.

Kelima puluh orang itu semuanya warga Batam, bukan PMI atau TKI yang baru pulang dari Malaysia maupun Singapura.

“PMI sekarang tak kami karantina, mereka karantina mandiri di rumahnya, tapi tetap kami pantau,” sebutnya.

Nah, jika Bapelkes sudah penuh, mau tak mau Pemko Batam akan membuka Rusun Pemko dan Asrama Haji sebagai tempat perawatan sementara.

“Tapi rusun Pemko Kondisinya masih dalam perawatan, kalau dah tak ada pilihan, ya mau tak mau, kita buka juga,” ujar Didi.

Orang nomor satu di dunia kesehatan Batam ini mengatakan, diperlukan kedisiplinan masyarakat untuk menekan laju penyebaran virus corona covid 19 ini.

“Sebenarnya simpel aja, disiplinlah gunakan masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan, itu aja koq, nggak berat lah,” ujarnya.

Karena saat ini sudah sangat banyak yang positif.

“Kalau dah habis semua tempat, lalu pasien mau dirawat dimana? Makanya terapkanlah protokol kesehatan ,” tegasnya.

Hingga saat ini pasien positif Covid 19 Batam sudah mencapai 2749 orang. 2031 orang sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan yang tak tertolong atau meninggal sudah sebanyak 66 orang dan yang masih dalam perawatan sebanyak 651 orang. (*)

Loading...
Loading...