mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

KEPRI

Samakan Persepsi Penanganan Covid-19 untuk Majukan Ekonomi Tanpa Ada Kluster Baru

| Rabu | 07 Oktober 2020 | 8:41 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Kepri – Pejabat sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin meminta Kadin dan semua pelaku usaha menyamakan dulu persepsi tentang Covid-19 sebelum menetapkan kebijakan ekonomi. Tujuannya agar perekonomian bisa berjalan efektif tanpa menimbulkan kluster baru.

“Saya senang sekali dengan inisiatif Kadin Kota Batam untuk menghadirkan tiga pemegang otoritas kebijakan daerah, yakni Pjs. Gubernur, Pjs. Walikota, dan Pjb. BP Batam. Ketiga otoritas ini mempengaruhi kebijakan publik dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di wilayah Kepri. Ketiga ini harus menyamakan persepsi dulu dengan perlu penyamaan konsep, strategi dan cara penanganannya. Pemahaman tentang Covid-19  harus wajib disamakan dulu,”tegasnya.

Menurut Bahtiar pemerintah telah menyiapkan protokol kesehatan untuk menunjang aktivitas ekonomi. Tujuannya agar geliat ekonomi dan produktivitas masyarakat bisa pulih kembali di tengah pandemi. Kadin harus berperan aktif dengan perilaku adaptasi baru yang bertanggungjawab untuk semua dunia usaha.

Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Batam dengan tema Menjaga Kesehatan dengan Tetap Menjaga Ekonomi, Selasa (6/10) di Hotel Radisson, Batam. Hadir juga Pjs. Walikota Batam H. Syamsul Bahrum dan Plh. BP Batam Purwiyanto.

Bahtiar mengingatkan, euforia yang berlebihan, dalam menjalankan aktivitas dunia usaha dengan mengesampingkan protokol kesehatan akan menimbulkan gelombang baru penyebaran virus yang akan berakibat pada sosial ekonomi yang lebih besar lagi.

Menurut Bahtiar harus ada cara-cara kreatif antara pemerintah dan stakeholder untuk menjalankan roda ekonomi dalam masa pandemi Covid-19. Misalnya dengan menetapkan dan mensosialisasikan standar protokol kesehatan yang benar pada dunia usaha. Memberikan penghargaan kepada dunia usaha yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan benar.

“Lakukanlah segala cara untuk menjalankan dunia usaha, tetapi harus dibarengi dengan protokol kesehatan ketat,” tegas Bahtiar.

Pjs.Walikota Batam H.Syamsul Bahrum mendukung penuh niat Kadin untuk menjalankan roda ekonomi sehat ditengah pandemi. Hal tersebut sesuai dengan program utamanya sebagai Pjs. Wako Batam.

“Tugas saya melandaikan kasus Covid-19, menjalankan ekonomi, dan melaksanakan pilkada sehat. Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak berbelanja pada tempat atau pedatang yang tidak menggunakan masker,” ujarnya.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Plh.Asisten I Kepri Sardison,  Kepala Dinas Kesehatan Kepri Mohammad Bisri, Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi, Kepala Dinas Perindag Kepri Burhanuddin,  Kepala Dinas Kominfo Kepri Zulhendri dan Kepala Biro Umum Kepri Martin Maramon. (humas.kepriprov.go.id)