Jumat | 22 Januari 2021 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Bawaslu Anambas Berikan Bintek untuk Panwascam

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Guna mengoptimalisasi pengawasan Pemilihan Kepala daerah, tanggal 9 Desember 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas gelar Bimbingan Teknis Pengawas TPS, Training Of Trainer (TOT) kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), di hotel Anambas Iin, Selasa, 24 November 2020.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini mengikuti rappit test yang dilakukan oleh dinas kesehatan. Selain itu, setiap peserta diwajibkan untuk menggunakan masker sebelum mamasuki ruangan.

Loading...

Ketua Bawaslu Anambas, Yopi Susanto mengatakan secara prinsip PKPU no. 8 tahun 2018, teknis pelaksanaan tidak banyak perubahan. Artinya sebagai bahan bacaan untuk rujukan dalam melakukan tugas-tugas Panwascam wajib mengetahui aturan guna mempermudah pengawasan.

“TOT ini, diharapkan Panwas memiliki pemahaman terhadap fungsi dan peran PTPS, sebelum memberikan bimbingan kepada PTPS yang bertugas.” Katanya

Lebih jauh dikatakannya, jika ditemukan indikasi adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh KPPS, PTPS diharapkan mampu memberi teguran.

Dalam bertugas PTPS harus profesional minta lah saran perbaikan kepada KPPS, jika melihat kejanggalan dan seuaikan dengan aturan.

Loading...

Kemudian selaku narasumber TOT, Novelino, S.T Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU anambas Menyebutkan Jumlah TPS di Anambas sebanyak 119 TPS.

“Dimasa pendemi COVID-19 ada aturan yang harus dipenuhi di setiap TPS yakni protokol kesehatan,” katanya

Ada 11 perlengkapan yang harus tersedia di TPS, yakni tempat cuci tangan dan sabun, Handsanitazer, sarung tangan plastik untuk pemilih, masker, tempat sampah, face shield, alat pengukur suhu, disinfektan, alat tetes tinta dan baju hasmat. (ropi)

Loading...
Loading...