Minggu | 17 Januari 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Giat Patroli, Serda K. Sinaga: Untuk Cegah Karhutla

MEDIAKEPRI.CO.ID, Meranti – Babinsa Koramil 08/Merbau, Kodim 0303/Bengkalis, Serda K. Sinaga, melaksanakan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin, 23 November 2020.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan bersama masyarakat tempatan di kawasan yang rawan kebakaran untuk mencegah terjadinya karhutla.

Loading...

Dikatakan oleh K. Sinaga, patroli tersebut rutin kami lakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya titik api di kawasan yang rawan kebakaran.

“Sudah panggilan tugas dalam mencegah karhutla. Kami lakukan pendeteksian kemungkinan adanya titik api, kalau ditemukan dapat segera dipadamkan sebagai upaya pencegahan karhutla,” ujarnya.

Selanjutnya ia mengatakan, pelaksanaan patroli sudah senantiasa dilakukan, baik gabungan maupun perorangan bersama masyarakat tempatan.

Di samping patroli, lanjutnya, dilaksanakan juga sosialisasi kepada masyarakat dan pihak pemanfaat lahan terkait karhutla tersebut.

Loading...

“Kami berikan imbauan agar masyarakat dan semua pihak pemanfaat lahan tidak membuka lahan dengan cara membakar. Hindari kegiatan yang dapat mengakibatkan kebakaran,” ujarnya.

Pelaksanaan patroli berlangsung lancar, aman dan terkendali serta tidak ditemukan adanya titik api yang dapat menyebabkan karhutla.

“Semoga masyarakat dan para pihak semakin menyadari tentang bahaya karhutla, sehingga tidak ada lagi yang akan membuka lahan dengan cara membakar,” pungkasnya.

Sementara itu, masyarakat tempatan menyambut baik kegiatan patroli tersebut. Mereka merasa terbantu karena dengan adanya patroli, karhutla dapat dicegah. (juny)

Loading...
Loading...