mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

KEPRI

Kembangkan dan Wujudkan Kedaulatan Pangan di Masa Pandemi Covid-19

| Minggu | 29 November 2020 | 16:48 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Kepri – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terus berupaya mengembangkan potensi dalam hal mewujudkan kedaulatan pangan di masa pandemi Covid-19. Salah satu daerah yang jadi target pengembangan adalah Siantan Tengah.

Hal ini sebagaimana yang dilakukan Pjs. Gubernur Kepri Bahtiar Baharudin saat meninjau Keramba Apung dan Makam Daeng Rilaka (Kramat Siantan), Kepulauan Anambas, Sabtu, 27 November 2020 petang.

Bahtiar mengatakan, pengembangan ketahanan pangan khususnya perikanan dilakukan setelah adanya pandemi Covid-19 dan berkurangnya aktivitas masyarakat di luar rumah.

“Pandemi Covid-19 ini membuat aktivitas warga berkurang dan dampaknya juga dirasakan pada stok pangan. Kita punya banyak sumber daya alam belum dimaksimalkan dan inilah kita kembangkan,” ujar Bahtiar.

Dalam kesempatan ini Bahtiar didampingi Pjs. Bupati Anambas Eko Sumbaryadi dan sejumlah Kepala OPD beserta Forkominda Kabupaten Kepulauan Anambas.

Bahtiar menuturkan, pandemi Covid-19 belum jelas kapan berakhirnya, sementara obat maupun vaksinnya belum ditemukan. Sehingga dinilai penting mengembangkan semua potensi untuk mendukung kedaulatan pangan dalam negeri.

“Liat keramba ini sudah diisi dengan ratusan ikan napoleon dan kerapu di setiap petaknya yang sedang dipelihara oleh para pengusaha lokal, ini bisa menjadi contoh guna menghadapi ketahanan pangan di masa pendemi Covid-19,” terang Bahtiar.

Disamping itu, Bahtiar juga menyampaikan tentang cagar sejarah budaya (kramat siantan) agar dijadikan wisata religi dimana sejarahnya berkaitan langsung dengan Kerajaan Riau Lingga dan Johor yang sudah mendunia sebagai penunjang pengembangan wisata Kepulauan Riau yang terkenal dengan potensi sumber daya alam maritimnya yang melimpah. (humas.kepriprov.go.id)