Minggu | 29 November 2020 |
×

Pencarian

RIAU

Laksanakan Patroli Karlahut, Serma Zulkifli : Untuk Menjaga Kelestarian Hutan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak – Babinsa Kelurahan Minas jaya Koramil 09/Minas, Kodim 0303/Bengkalis, Serma Zulkifli melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah Kelurahan Minas jaya Kecamatan Minas Kabupaten Siak, Kamis, 19 November 2020.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan bersama masyarakat tempatan dalam rangka mengantisipasi terjadinya karlahut.

Loading...

Dikatakan oleh Zulkifli, patroli tersebut merupakan rutinitas jajaran Koramil 09/Minas dalam menjaga kelestarian hutan dan lahan.

“Karhutla dapat mengakibatkan tumbuhan dan tanaman serta ekosistem hutan lainnya rusak bahkan punah. Untuk melestarikannya, kami melakukan upaya pendeteksian titik api sedini mungkin guna mencegah kebakaran,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, pencegahan karhutla dimulai dari diri sendiri. Untuk itu, kami juga mengimbau agar masyarakat pemanfaat lahan tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahannya.

“Membuka lahan dengan cara membakar dapat mengakibatkan kebakaran. Gunakanlah cara lain jika ingin memanfaatkan lahan agar karhutla dapat dihindari,” terangnya.

Loading...

Pelaksanaan patroli berjalan lancar, aman dan kondusif serta tidak ditemukan adanya titik api yang bisa mengakibatkan kebakaran.

“Mudah-mudahan karhutla tidak akan terjadi lagi di wilayah binaan pada khususnya, sehingga kelestarian lingkungan dapat tetap terjaga hingga ke anak cucu,” pungkasnya. (juny)

Loading...
Loading...