Sabtu | 23 Januari 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Polbeng Gelar Diskusi Kelompok Terarah Terkait Beton Precast

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menggelar Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terarah) terkait Beton Precast sebagai Solusi Pelaksanaan Infrastruktur Berkualitas Cepat dan Ekonomis untuk Daerah Pesisir di Aula Polbeng, Jl. Bathin Alam Bengkalis, Senin, 23 November 2020.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Direktur II Polbeng, Guswandi, ST., MT., menghadirkan 3 narasumber yakni Direktur PT. Kinarya Beton, Sulistyana, MT., Direktur PT. Dumai Jaya Beton, Rusli Sumali dan Edi Kurniawan dari Dinas PUPR Bengkalis.

Loading...

Dalam sambutannya, Guswandi mengatakan, sebagai salah satu ujung tombak dalam dunia pendidikan di Pulau Bengkalis melalui Skema Program Penguatan Pendidikan Tinggi dan Vokasi (PPPTV), Polbeng terus berinovasi menuju Bengkalis yang lebih baik dengan menjadi salah satu pioner beton precast.

Selanjutnya, ia mengatakan, beton precast dapat menjadi salah satu pilihan yang ada di Pulau Bengkalis sebagai pengganti Beton Konvensioal.

“Pengembangan Pulau Bengkalis akan lebih mudah karena penggunaan beton precast dalam pengerjaan konstruksi akan menghemat waktu dan memangkas biaya,” ujarnya.

Senada dengan Guswandi, Direktur PT. Kinarya Beton mengatakan, pengaplikasian beton precast sangat menguntungkan dari segi waktu maupun biaya, sangat jauh berbeda dengan pengaplikasian beton konvensional.

Loading...

“Kualitas beton precast mempunyai kekuatan yang sama dan lebih ringan 40% – 50% dari beton konvensional sehingga membantu dalam pengerjaan kontruksi gedung bertingkat,” ujar Sulistyana.

Selanjutnya, Rusli Sumali mengatakan, dengan adanya teknologi beton precast tersebut, waktu pengerjaan sebuah kontruksi akan menjadi semakin singkat.

“Saat ini, PT. Dumai Jaya Beton sedang melaksanakan kontruksi dermaga di Dumai sepanjang 1 KM dengan menggunakan beton precast. Kami hanya butuh waktu 3 bulan untuk penyelesaiannya. Kalau pakai beton konvensional, akan butuh waktu yang lebih lama lagi.” ujar Rusli Sumali.

Di tempat yang sama, Edi Kurniawan mengatakan, kondisi geografis Pulau Bengkalis menjadi salah satu penghambat pelaksanaan kontruksi.

“Saya berharap dengan terlaksananya beton precast yang dikelola oleh Polbeng bisa membantu pembangunan di Pulau Bengkalis menjadi lebih baik,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Konsultan dan Kontraktor yang berada di Bengkalis. (juny)

Loading...
Loading...