Kamis | 21 Januari 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Wujud Pengabdian ke Masyarakat, Polbeng Selenggarakan Pembinaan Laporan Keuangan Bumdes

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menyelenggarakan Pembinaan Laporan Keuangan Bumdes di Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Senin, 23 November 2020.

Pelaksanaan kegiatan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Program Studi (Prodi) Akuntansi Keuangan Publik (AKP) Polbeng.

Loading...

Dikatakan oleh salah seorang dosen Prodi AKP, Endang Sriwahyuni yang juga ketua pelaksana kegiatan, pembinaan laporan keuangan Bumdes tersebut merupakan penerapan salah satu dari Tri Dharma Pendidikan.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut bermula dari permintaan pihak Bumdes yang datang ke Kampus Polbeng untuk membicarakan permasalahan keuangan yang ada di unit usahanya.

“Pihak Bumdes meminta untuk diberikan pembinaan laporan keuangan agar bisa lebih profesional dan memiliki laporan keuangan sendiri,” ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, Bumdes tersebut merupakan mitra dan binaan Polbeng yang sudah melakukan kerjasama dalam bidang peningkatan kualitas pembinaan dan manajemen pengelolaan.

Loading...

Dalam kegiataj tersebut, sambungnya, pembinaan dan bimbingan tersebut dilaksanakan secara bertahap.

“Awalnya kita telusuri unit usaha dan kegiatan bisnisnya, lalu kita bantu pembuatan catatan dan laporan logistik sampai jadi laporan keuangan untuk unit dagang ini,” paparnya.

Selanjutnya, Direktur Bumdes Kuala Alam, Zulkifli mengatakan, pembinaan laporan keuangan tersebut merupakan langkah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pada unit dagang Bumdes.

“Seiring dengan pengembangan usaha dan peningkatan jual pada unit usaha Bumdes, dibutuhkan pengelolaan laporan keuangan yang profesional,” pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan diikuti oleh dosen Prodi AKP Polbeng lainnya yakni Nurhazana dan Husni Mubarak serta beberapa mahasiswa Polbeng dan Direktur Bumdes Zulkifli serta pengurus Bumdes Kuala Alam. (juny)

Loading...
Loading...