Selasa | 26 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

6 Manfaat Penting Makan Apel Setiap Hari

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Beragam anjuran disarankan untuk menu diet sehat. Tak ada salahnya, memasukkan sebutir apel setiap hari dalam menu diet harian.

Namun apa yang terjadi pada tubuh ketika Anda mengonsumsi apel setiap hari? Berikut ulasannya seperti dilansir di laman Eat This dan dikutip dari republika.co.id, Rabu, 30 Desember 2020.

Loading...
  1. Anda memiliki usus yang lebih sehat

Apel memiliki banyak nutrisi, khususnya serat. Dengan ukuran lima gram, satu apel mengandung 20 persen lebih banyak dari target serat harian 25 gram. Serat tidak hanya memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit, tetapi juga meningkatkan mikrobioma yang lebih sehat (alias bakteri baik di usus Anda). Sebagian besar serat apel berasal dari pektin, yang menghasilkan asam butirat.

  1. Anda bisa menurunkan berat badan

Bisakah satu apel setiap hari menjaga berat badan? Mungkin saja. Menurut ulasan yang diterbitkan pada 2018 dari beberapa penelitian pada manusia dan hewan, makan apel dikaitkan dengan penurunan berat badan. Dalam lima penelitian terhadap manusia, jangka waktu empat hingga 12 pekan mengonsumsi 240 hingga 720 miligram jus apel atau apel per hari, efektif untuk menurunkan berat badan. Satu apel berukuran besar memiliki berat sekitar 240 gram.

  1. Anda akan mengurangi peradangan

Peradangan sistemik adalah faktor pemicu penyakit kronis. Makan apel setiap hari bisa membantu mengurangi masalah itu. Apel kaya akan antioksidan yang disebut quercetin, yang bisa meredakan peradangan di tubuh. Sementara itu, antioksidan tambahan seperti katekin dan vitamin C berfungsi untuk mengurangi kerusakan oksidatif di sel Anda.

  1. Anda dapat menurunkan risiko diabetes

Karena diabetes adalah kelainan gula darah, Anda mungkin tidak mengira buah-buahan memiliki peran dalam pencegahan diabetes. Namun dengan kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi, mengonsumsi apel setiap hari ternyata bisa berdampak positif pada pengelolaan gula darah. Sebuah studi pada 2013 menemukan bahwa konsumsi apel yang lebih banyak itu dikaitkan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe-2.

Loading...
  1. Anda akan meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk disebut sebagai buah yang tinggi vitamin C, tetapi apel juga pantas mendapatkan kredit untuk mikronutrien ini. Satu apel mentah berukuran sedang mengandung 14 persen lebih banyak dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

Mendapatkan cukup vitamin C membuat sistem kekebalan berfungsi dengan baik, karena sifat antioksidannya melindungi dari patogen dan mengurangi stres oksidatif. Kekurangan vitamin penting itu telah dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap infeksi.

Dari varietas Granny Smith, apel mengandung jumlah vitamin C tertinggi pada 12 miligram per 100 gram buah. Atau, jika Anda ingin meningkatkan asupan vitamin C, cari varietas yang lebih langka, seperti apel Sturmer Pippin, Calville Blanc, atau Baldwin yang mengandung hingga 40 miligram per 100 gram.

  1. Anda akan mengurangi risiko kematian

Siapa yang tidak ingin mengurangi risiko kematian. Sebuah studi pada 2016 yang mengikuti wanita berusia lanjut selama 15 tahun menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak apel, cenderung tidak meninggal karena kondisi kesehatan apa pun. Secara khusus, wanita dalam penelitian tersebut memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung dan kanker. (*)

Loading...
Loading...