Sabtu | 16 Januari 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Bersama Dinas Perikanan, Polbeng Launching & Sea Trial Kapal Mesin Penangkap Ikan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Bersama Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) melakukan kegiatan Launching dan Sea Trial kapal penangkap ikan berukuran 3 GT beserta mesin, alat penangkap ikan dan alat bantu untuk penangkapan ikan bertempat di Kampus Jurusan Teknik Perkapalan Polbeng, Jl. Leseng, Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Jumat, 04 November 2020.

Launching dan Sea Trial tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan nasi tumpeng oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Bengkalis, H. Tengku Zainudin.

Loading...

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Johny Custer, ST, MT mengatakan, pelaksanaan pembuatan kapal yang dilakukan oleh Jurusan Teknik Perkapalan Politeknik Negeri Bengkalis merupakan pencapaian yang luar biasa.

“Saya bangga dengan hasil karya anak bangsa dari Polbeng. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis serta pihak ketiga yang telah memberi kepercayaan kepada Polbeng dalam hal pembuatan kapal tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Pelaksana Pembuatan Kapal Romadoni ST, MT., mengatakan kapal buatan Polbeng tersebut terbuat dari bahan fiberglass dan dilengkapi dengan mesin bekecepatan 11 knot dan berbahan bakar solar, alat penangkap ikan serta alat bantu penangkap ikan.

Loading...

“Pembuatan 3 unit kapal ini memakan waktu lebih kurang 3 bulan dan akan diserahkan untuk Kelompok Nelayan Harapan Baru di Desa Tanjung Punak Kecamatan Rupat Utara,” ungkapnya.

Selanjutnya, Plt. Bupati Bengkalis yang diwakili oleh H. Tengku Zainudin mengatakan dalam sambutannya, 3 unit kapal tangkap ikan berukuran 3 GT buatan Politeknik Negeri Bengkalis tersebut, dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 Kementerian Keluatan dan Perikanan RI.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mengapresiasi karya dari Politeknik Negeri Bengkalis. Tentunya hal ini harus kita pertahankan dan terus di tingkatkan,” ujar T. Zainuddin.

Selanjutnya ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan terus memberikan perhatian kepada para nelayan guna membantu meningkatkan hasil tangkapannya.

“Mudah-mudahan bantuan seperti ini, pada tahun-tahun berikutnya dapat diberikan lagi kepada kelompok nelayan lainnya demi memudahkan para nelayan dalam mencari rezkinya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri, Kadis Perikanan Kabupaten Bengkalis, H. Herliawan, Wakil Direktur 1 Polbeng Guswandi, Kapus P3M Polbeng Afridon, P4MT Polbeng Teguh Widodo serta Ketua Jurusan Teknik Perkapalan Polbeng Apriantoni dan undangan lainnya. (juny)

Loading...
Loading...