Kamis | 21 Januari 2021 |
×

Pencarian

INHIL

Edukasi Terus Dilakukan Agar Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tembilahan – Siang dan malam tak mengenal lelah, berbagai cara dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Penegakkan Disiplin Covid-19 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk menegakkan disiplin warga terhadap protokol kesehatan (Prokes) covid 19.

Dengan harapan pandemi Covid-19 segera berakhir, aktivitas kehidupan bisa kembali normal seperti sedia kala, ekonomi kembali pulih dan aktivitas lainnya seperti pendidikan secara tatap muka bisa dibuka kembali.

Loading...

Sudah sekian bulan berlalu, tak hanya berjaga di posko-posko, tim gabungan TNI, Polri, BPBD, dan Dishub juga melakukan patroli mobile dan berjaga di tiap persimpamgan jalan di kota Tembilahan, memantau para pengendara yang masih belum patuh terhadap arahan pemerintah.

Di dalam Kota Tembilahan, secara rutin tim patroli juga menyasar ke pasar-para tradisonal seperti pasar Terapung, Pasar Pagi dan Pasar Kayu Jati, serta sekat jalan di perempatan atau simpang lampu merah Jalan Batang Tuaka.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal melalui Pasi Ops Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Siregar menyampaikan, kegiatan rutinitas tersebut dilakukan sesuai Peraturan Bupati Inhil nomor 50 tentang penegakkan disiplin protokol kesehatan di wilayah kabupaten Inhil yang bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat tentang penggunaan masker dan protkes dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Demi kebaikan dan keselamatan jiwa dan nyawa banyak orang, Tim Satgas tak segan-segan memberikan sanksi kepada masyatakat yang masih membandel dengan tidak mematuhi protokok kesehatan, seperti beraktivitas keluar rumah dengan tidak menggunakan masker.

Loading...

“Masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker itu diberikan edukasi terkait kedisiplinan protokol kesehatan, kemudian diberikan masker agar kedepannya selalu memakainya pada setiap berada di luar rumah,” sebut Pasi Ops.

Selain itu, kegiatan bertujuan guna memberikan penekanan terkait kepatuhan kedisiplinan serta kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjalankan anjuran protokol kesehatan dengan tetap memakai masker.

“Hal ini juga merupakan arahan dan upaya kita terhadap penegakan penerapan disiplin protokol kesehatan khususnya di wilayah kabupaten Inhil,” paparnya.

Lanjutnya, kegiatan ini akan terus dilakukan hingga masyarakat memiliki kesadaran menjalankan protokol kesehatan secara maksimal demi menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan dari penyebaran virus corona.

“Penyebaran dan penularan virus corona ini belum berakhir. Untuk itu kita harus dapat beradaptasi di masa pandemi ini dengan cara merubah pola hidup sehat. Seperti selalu memakai masker saat diluar rumah, rajin cuci tangan, jaga jarak ketika ditempat keramaian dan makan makanan yang bergizi. Mudah-mudahan, dengan kedisiplinan yang tiada hentinya, kita semua dapat melawan virus corona ini,” ujarnya.

Sejak tanggal 14 September 2020, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mulai memberlakukan Peraturan Bupati (Perbup) Inhil Nomor 50 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 di Inhil.

Perbup tersebut dibuat dengan tujuan meningkatkan partisipasi warga dan para pemangku kepentingan untuk mencegah peningkatan penularan dan penyebaran penyakit covid-19, mendorong warga mematuhi penerapan perilaku hidup bersih dan sehat serta memiliki kesadaran dalam upaya mencegah covid-19.

Dalam Perbub sanksi bagi warga Kabupaten Indragiri Hilir yang melanggar protokol kesehatan Covid 19 akan dikenakan sanksi berupa teguran lisan maupun tulisan, kerja sosial hingga membayar denda administrasi sebesar Rp 100 ribu bagi pelanggar perorangan.

Sedangkan bagi pelaku usaha, pengelola dan penanggungjawab tempat serta fasilitas umum akan diancam denda administrasi Rp1 juta hingga pembubaran paksa kegiatan hingga pencabutan izin usaha. (*)

Loading...
Loading...