Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

LINGGA

Pilkada Lingga, 2HRS : Jangan Coba-coba “Main” Money Politic

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Menjelang hari H pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lingga, 9 Desember 2020, suasana politik semakin memanas di tengah masyarakat. Bahkan isu-isu money politic pun merebak.

Tentu, Bawaslu Lingga hingga Panwascam di seluruh wilayah kecamatan perlu kerja ekstra yang berkeadilan untuk mengawasi ancaman money politic. Dalam hal ini praktek money politic atau “siram” calon pemilih pada H-1 malam.

Loading...

Isu-isu praktek money politic pada H-I di setiap  pemilihan, baik pemilihan calon legislatif maupun kepala daerah sudah menjadi rahasia umum. Namum jarang sekali terungkap.

Menyikapi akan adanya ancaman praktek-praktek money politic pada Pilkada Lingga 2020, Relawan Paslon H. Riki Syolihin-H. Raja Supri (2HRS) memberikan pelatihan-pelelatihan kepada tim sukses 2HRS.

Materi-materi pelatihan diberikan oleh tim advokasi 2HRS. Khusus dugaan adanya praktek money politic, tim advokasi akan memberikan pemahaman tentang alat-alat bukti agar pihak Panwascam dan Bawaslu dapat menindaklanjuti secara hukum.

Kepada media ini relawan 2HRS, Mustazar, S.Ag menyampaikan perlunya pelatihan dan pemahaman kepada  Tim dan Relawan 2HRS tentang alat-alat bukti praktek dugaan money politic tersebut agar Bawaslu dapat menindaklanjuti ke ranah hukum.

Loading...

“Berbekal pengalaman laporan money politik pada pileg 2019 lalu, maka kali ini kita dari tim 2HRS sudah menyiapkan tim advokat/kuasa hukum untuk mendampingi pada proses pelaporan jika ditemukan dugaan money politik,” ujar Mantan Caleg DPRD Kabupaten Lingga 2019 ini.

Tim dan relawan 2HRS katanya akan menyoroti secara ketat praktek-praktek money politic pada H-1. Ia mengaku telah mengantongi lokasi-lokasi yang berpotensi adanya praktek-praktek money politic.

“Saya ingatkan kepada Paslon atau tim yang lain,  jangan coba-coba main money politik. Apabila tim kami menemukan dugaan money politik, baik pemberi maupun penerima tetap kami seret. Tidak peduli, apakah penerima itu saudara atau keluarga sendiri, “kata Mustazad via telepon, Sabtu 5 Desember 2020

Senada dengan Mustazar, relawan 2HRS lainnya, Ardiansyah relawan dan tim 2HRS pada akar rumput akan mati-matian memantau praktek-praktek mpney politic pada H-1.

“Kali ini kita tidak main-main dengan peaktek penghancur demokrasi itu di tengah masyarakat. Jika ditemukan praktek money politic, kami tim 2HRS tidak segan-segan mempidanakan pelaku, “ujar pria yang akrab diapa Bain ini. (ml)

Loading...
Loading...