Selasa | 26 Januari 2021 |
×

Pencarian

EKONOMI POLITIK

Tak Hanya Cabai, Bawang Merah dan Sayur Mayur Juga Alami Kenaikan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batubara – Tingginya curah hujan yang mengakibatkan rusaknya lahan pertanian berdampak terhadap melonjaknya harga cabai merah di Kabupaten Batubara. Di tingkat pedagang harga cabai merah tembus hingga Rp60.000 per kilogram, diikuti bawang merah dan sayur mayur.

Rusaknya areal pertanian cabai di Kecamatan Limapuluh dan Limapuluh Pesisir selaku lumbung cabai Batubara membuat harga cabai dan sayur mayur melambung tinggi ujar pedagang Pasar Delima Indrapura, Kecamatan Airputih, br Situmorang seperti dikutip dari sindonews.com.

Loading...

“Faktor hujan dan banjir mempengaruhi harga di tingkat petani. Saat ini cabai merah naik dari Rp40.000 menjadi Rp60.000 per kilogram, bawang merah Rp28.000 dan Tomat Rp8.000 ,” kata Situmorang, Jumat, 25 Desember 2020 kemarin.

Kenaikan harga ini tak dibarengi tingginya minat belanja masyarakat, walaupun perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Ya beginilah, harga naik situasi dagangan masih sepi,” keluhnya.

Namun pedagang daging, Taufik mengakui kalau harga daging sapi normal dikisaran Rp120.000 per kilonya dan ayam potong Rp32.000 per kilogram.

Loading...

“Saat ini jual 15 kg aja gak habis, apa karena COVID tidak paham juga. Bingunglah, cari untung 100 ribu aja susah,” katanya. BACA JUGA: Prokes Perayaan Natal di Medan Berjalan Baik. (*)

Loading...
Loading...