Sabtu | 23 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Tetangga Positif Covid-19? Jangan Dijauhi, Ini yang Harus Dilakukan untuk Membantunya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Tetangga terpapar atau positif Covid-19? Jangan panik, ini tips yang harus dilakukan agar tetap sehat dan tidak tertular.

Dikutip dari keterangan resmi Kementerian Kesehatan, masker menjadi alat pelindung setiap orang agar tidak terinfeksi virus corona. Maka tetaplah pakai masker saat berada di luar rumah

Loading...

“Perlu diketahui, virus tidak bisa terbang dari rumah tetangga ke rumah Anda. Ingat, jarak 1,5 meter saja sudah cukup untuk menjauhkan dari virus,” jelas di keterangan tersebut.

Virus corona tidak bisa terbang di udara dan berada di udara kalau ada orang terinfeksi yang bersin. Namun, keberadaan virus corona tidak akan lama bila di udara sebab akan turun dan mengendap di permukaan benda-benda mati, tidak akan menyebar ke rumah Anda.

Apa yang harus dilakukan? Jangan masuk ke rumah tetangga penderita Covid-19 tanpa perlindungan memadai. Selama tidak masuk, Anda tidak akan tertular. Kalau terpaksa masuk untuk memberi bantuan, pakailah masker, ditambah perlindungan lain.

Lalu, segeralah ganti baju, mandi dengan sabun, keramas pakai sampo, cuci baju dengan sabun. Sabun akan membunuh virus yang menempel di tubuh.

Loading...

Tidak ada alasan untuk takut pada tetangga yang tertular Covid-19. Berbuatlah sebisa mungkin untuk membantu.

Apa yang bisa dilakukan untuk membantu?

-Sediakan makanan.
-Bersihkan rumahnya dengan sabun atau disinfektan.
-Jaga agar jangan ada orang masuk tanpa kepentingan dan tanpa pelindung.
-Arahkan anggota keluarga untuk melaksanakan tata cara isolasi pasien agar anggota keluarga lain tidak tertular.

Konten ini merupakan kerja sama Tempo.co dengan Satgas Covid-19 demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tegakkan protokol kesehatan, ingat selalu pesan ibu dengan pakai masker, jaga jarak hindari kerumunan, dan cuci tangan pakai sabun. (*)

Loading...
Loading...