Minggu | 17 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

DKI Telah Terima 39.200 Unit Vaksin Covid-19

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Ani Ruspitawati mengatakan siang kemarin, Senin, 4 Januari 2021, sebanyak 39.200 unit vaksin Covid-19 telah mereka terima.

Menurut dia, sebanyak 80.840 unit vaksin akan kembali dikirim pada 7 Januari 2021 mendatang.

Loading...

Dua pengiriman tersebut kata Ani, termasuk dalam pengiriman fase pertama. “Jadi total yang akan kami terima (pada fase pertama) 120.040 (unit vaksin),” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan seperti yang dikutip di tempo.co, Selasa, 5 Januari 2021.

Ani menjelaskan, untuk tahap pertama pemberian vaksin akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang bekerja di berbagai fasilitas seperti rumah sakit. Setelah itu, Dinas Kesehatan akan menunggu arahan dari pemerintah pusat untuk pemberian vaksin selanjutnya. “Timeline sasaran yang pastinya dari pemerintah pusat. Nanti bertahap buat warga,” kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta menargetkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Ibu Kota dimulai pada pekan kedua dan ketiga Januari 2021. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan 453 fasilitas kesehatan pelaksana vaksinasi Covid-19 beserta petugas kesehatan dokter, perawat dan bidan sebagai vaksinator sudah disiapkan.

“Target kapasitas penyuntikan 20.473 orang per hari,” kata Riza di Balai Kota DKI, Senin, 4 Januari 2021.

Loading...

Sasaran utama vaksinasi Covid-19 bakal mengacu arahan pemerintah pusat dengan memakai berbagai sumber data dari Sistem Informasi SDM Kesehatan (Kemenkes), Disdukcapil, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Tenaga kesehatan yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini sebanyak 119.145 orang.

“Kriteria sasaran tahap satu sesuai Juknis adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.(***)

Loading...
Loading...