Minggu | 17 Januari 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Giat Patroli, Serda SD.Batubara : Antisipasi Karlahut

MEDIAKEPRI.CO.ID, Meranti – Anggota Koramil 08/Merbau, Kodim 0303/Bengkalis, Serda SD.Batubara, melaksanakan patroli dan sosialisasi terkait kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Desa Pangkalan Balai, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis, 14 Januari 2021.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan bersama warga tempatan di kawasan yang rawan kebakaran.

Loading...

Dikatakan oleh Serda SD.Batubara, kegiatan tersebut merupakan tindakan antisipatif dari jajaran Koramil 08/Merbau terhadap karlahut.

“Kami senantiasa melaksanakan patroli untuk mendeteksi titik api di kawasan hutan dan lahan yang rawan kebakaran. Jika ada, akan segera dipadamkan guna mencegah karlahut,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, kerja sama semua sektor baik pemerintah, stake holder maupun masyarakat pemanfaat lahan sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan karhutla.

“Sinergitas semua pihak sangat dibutuhkan. Saling bekerja sama dan koordinasi yang baik antar sektor merupakan langkah kongkrit dalam mencegah karlahut,” terangnya.

Loading...

Di samping itu, lanjutnya, diharapkan kepada semua pemanfaat lahan, baik perorangan maupun perusahaan serta badan usaha lainnya, agar tidak sekali-kali melakukan pembakaran untuk membuka lahannya. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan karlahut.

Mudah-mudahan, karlahut tidak akan terjadi lagi di wilayah binaan pada khususnya, dengan meningkatnya kesadaran semua pihak dalam menjaga kelestarian ekosistem lingkungan khususnya hutan.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung aman dan terkendali. Masyarakat merasa terbantu dengan adanya pelaksanaan kegiatan tersebut. (juny)

Loading...
Loading...