Sabtu | 23 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Ini Jenis Masker yang Bisa Dipakai Dukung PSBB

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Masker saat ini merupakan benda yang paling wajib dipakai jika keluar rumah. Penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19 demi mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Berikut jenis masker yang bisa anda gunakan.

Loading...

Berdasarkan prodia.co.id yang dikutip sindonews.com, Rabu, 13 Januari 2021 ini jenis masker yang beredar di pasaran, mulai dari masker N95/KN95, masker bedah, masker kain 3 lapis, hingga masker kain 1 lapis (scuba, buff, atau bandana).

Masker kain 1 lapis

Masker kain 1 lapis seperti masker scuba, buff atau bandana mungkin bisa memudahkan kamu untuk bernapas. Namun, jenis masker ini tidak dapat memberikan perlindungan yang memadai dari virus.

Tetesan bersin atau batuk orang yang terinfeksi bisa masuk melewati masker kain 1 lapis ini. Karena itu, penggunaan masker kain 1 lapis tidak disarankan.

Loading...

Masker kain 3 lapis

Organisasi kesehatan WHO dan CDC merekomendasikan menggunakan masker kain ketika berada di tempat umum. Masker kain 3 lapis dapat menurunkan risiko penularan virus Corona melalui tetesan liur saat bicara, bersin, atau batuk.

Untuk meningkatkan efektivitas masker kain, pilihlah masker dengan kombinasi lapisan beberapa jenis kain. Misalnya, masker dengan lapisan katun dan sutra, lapisan katun dan flanel, maupun kombinasi lapisan lainnya.

Masker bedah

Masker bedah umumnya berwarna biru atau hijau dengan tepian putih. Masker sekali pakai ini mampu menutupi hidung, mulut, dan dagu sehingga melindungi kamu dari tetesan batuk atau bersin orang yang terinfeksi.

Namun, masker bedah tidak mampu memberikan kamu perlindungan maksimal dari semua kuman karena bentuknya yang kurang pas dipakai di wajah. Tentunya, pilihan masker bedah yang pas mengikuti bentuk hidung serta dagu akan lebih baik.

Masker N95 atau KN95

Penggunaan angka 95 untuk deskripsi jenis masker ini berasal dari kemampuannya untuk menyaring lebih dari 95 persen partikel terkecil di udara, termasuk virus dan bakteri.

Jadi boleh dibilang, masker N95 adalah masker yang paling efektif yang dapat ditemukan di pasaran. Masker N95 biasanya digunakan oleh tenaga kesehatan, khususnya mereka yang berada di garda terdepan. (*)

Loading...
Loading...