Minggu | 28 Februari 2021 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Musrenbangdes Desa Teluk Siantan, Kades: Beban APBDes Terbatas, APBD Jadi Harapan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Pemerintah Desa Teluk Siantan Gelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa ( Musrenbangdes), Tahun 2021 – 2022, Rabu, 27 Januari 2021.

Musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan desa ini bertujuan untuk menyepakati rencana pembangunan pada tahun 2022 dan berlangsung di aula ruang serba guna kantor Desa Teluk Siantan.

Loading...

Tema Musyawarah, Penguatan Sistem Kesehatan, Pemulihan Ekonomi, Pembangunan SDM dan Birokrasi yang Efektif serta Konektivitas wilayah Desa.

Mewakili Camat, Kasi PMD Kecamatan Fauziah, menyebutkan usulan yang akan di paparkan harus menyesuaikan dengan visi dan misi pemerintah daerah, yakni pembangunan dan kesehatan.

Usul tersebut, akan di input oleh pemerintah Desa melalui aplikasi SIPD dan kemudian akan diteruskan ke Kabupaten.

“Utamakan prioritas, sesuaikan dengan misi dan potensi yang dimiliki desa”, jelas Fauziah.

Loading...

Musrenbang kecamatan rencananya, kita akan undang DPRD dapil wilayah setempat bersama orang BKD, kemudian katanya, kita tanyakan kemampuan dan keuangan mereka.

Disambut Kepala Teluk Siantan, Ismaya Lokadi ucapkan terimakasih. Diakuinya, tahun 2021, kemampuan APBDes terbatas. Beberapa usulan kelompok tani dan nelayan tidak bisa diakomodir, karena adanya penambahan KPM penerima BLT DD yang meningkat.

“Tahun ini jumlah KPM, 108 penerima beban biaya sekitar Rp. 388.800.0000, untuk usulan kebutuhan prioritas kita usulkan melalui anggaran APBD Kabupaten. APBDes terbatas, untuk akomodir usulan prioritas Anggaran APBD sebagai penunjang konektivitas pembangunan Desa”, harap Ismaya.

Usulan yang masuk tahun 2021 saat ini, rehab PUSTU, alat kesehatan, pembangunan Polindes, pembangunan gedung PAUD, alat bermain anak, penambahan RKB SD, Tangkis pengecas, bubu ikan dan perangkap kera.

“Terimakasih atas usulannya, hari ini kita sepakati. Utamakan pembangunan yang diluar kewenangan desa,” ucapnya.

Sebagai penutup, dirinya berpantun.

Indonesia lagu kebangsaan,
Dinyanyikan dengan penuh semangat,
Dalam musrenbang boleh banyak usulan,
Duduk bersama untuk mufakat. (ropi)

Loading...
Loading...