Minggu | 17 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Perhatikan Hal Ini untuk Memilih Wajan Anti Lengket

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Ada beragam jenis wajan yang beredar di pasaran. Salah satu yang paling banyak dipilih adalah wajan anti-lengket. Namun jangan sembarang pilih, kenali cara memilih wajan anti-lengket yang benar.

Wajan anti-lengket disebut memberikan lebih banyak keunggulan dibandingkan wajan lainnya. Wajan jenis ini tak membuat makanan menempel sehingga mempermudah proses memasak. Selain itu, wajan juga lebih mudah dibersihkan.

Loading...

Ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan saat Anda membeli wajan anti-lengket. Berikut mengutip berbagai sumber.

  1. Bahan

Kebanyakan wajan anti-lengket terbuat dari aluminium atau stainless steel. Wajan yang terbuat dari stainless steel sebenarnya lebih mampu memberikan pemanasan yang merasa. Namun, wajan ini cenderung akan lebih berat dan mahal.

Sementara wajan berbahan aluminium tidak bisa mendistribusikan panas secara merata.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memilih wajan yang menyertakan label ‘Bebas PFOA’ atau ‘PFOA Free’. Kandungan PFOA diketahui bersifat karsinogenik yang dapat memicu kanker.

Loading...

Meski sejak lama, produsen tak lagi menggunakan kandungan tersebut, tak ada salahnya untuk tetap berhati-hati dalam memilih.

  1. Lapisan

Lapisan jadi salah satu hal yang patut dipertimbangakan saat Anda mau membeli wajan anti-lengket.

Mengutip Taste Of Home, saat ini ada dua jenis lapisan anti-lengket yang banyak digunakan. Yang paling populer adalah PTFE atau yang umum dikenal sebagai teflon.

Lapisan lainnya disebut sebagai keramik yang terbuat dari gel berbasis silika. Pelapis jenis teflon dilaporkan dapat bertahan lebih lama daripada keramik.

Namun, lapisan ini lebih mudah tergores. Untuk itu, Anda disarankan menggunakan spatula berbahan plastik atau kayu demi menghindari goresan.

  1. Pembersihan

Untuk memudahkan proses pencucian, hindari bagian luar wajan yang dicat dan permukaan yang berlekuk. Pastikan juga agar wajan tak terlalu besar hingga mudah saat dicuci.

  1. Pegangan wajan

Cari pegangan yang lembut. Untuk wajan yang lebih besar, Anda disarankan mencari pegangan yang cukup panjang.

  1. Kesesuaian dengan jenis kompor

Mengutip Choice dan dilansir dari waspada.co.id, jika Anda memiliki kompor tanam, maka yang Anda butuhkan adalah wajan yang terbuat dari stainless steel. (*)

Loading...
Loading...