Kamis | 25 Februari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

SAH! Ini Aturan Baru Bagi Calon Penumpang Melalui Udara

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE 10 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang dalam Negeri dengan Transportasi Udara.

Dalam Surat Edaran yang diteken Selasa 26 Januari 2021 itu, ada delapan point yang menjadi sorotan utama.

Loading...

Diantara point-point tersebut, disebutkan untuk calon penumpang yang akan berangkat menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, wajib menunjukkan hasil RT PCR/Swab Tes dengan hasil Negatif Covid 19, yang hasil samplenya diambil sebelum 2×24 jam waktu keberangkatan.

Atau menunjukkan hasil Rapid Tes Antigen Negatif, yang hasil samplenya diambil paling lama 1 x 24 jam sebelum waktu keberangkatan.

Sedangkan bagi calon penumpang ke semua bandara tujuan, selain Bali, wajib menunjukkan hasil RT PCR/Swab Tes dengan hasil Negatif Covid 19, yang hasil samplenya diambil sebelum 3 x 24 jam waktu keberangkatan.

Atau menunjukkan hasil Rapid Tes Antigen Negatif, yang hasil samplenya diambil paling lama 2 x 24 jam sebelum waktu keberangkatan.

Loading...

Namun persyaratan ini tidak.berlaku untuk penerbangan Angkatan Udara di Daerah Perintis, Angkatan Udara di daerah terluar serta penumpang anak-anak di bawah 12 tahun.

Selain itu, semua maskapai penerbangan, tidak diperbolehkan memberikan makan dan minum kepada para penumpang di dalam pesawat, kecuali waktu tempuh penerbangan diatas 2 jam.

Maskapai boleh memberikan makan dan minum kecuali untuk kepentingan medis.

Sedangkan untuk kru penerbangan, wajib menunjukkan hasil rapid tes antigen yang uji samplenya diambil paling lama 14 hari sebelum penerbangan.

Ketentuan ini berlaku sejak 26 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021. (kmg)

Loading...
Loading...