Minggu | 07 Maret 2021 |
×

Pencarian

PARIWISATA

Tidak Hanya Pantai, di Bali ada Wisata Air Terjun yang Tersembunyi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Denpasar – Selama ini Bali terkenal dengan deretan pantainya yang indah, mulai dari garis pantai di Kuta bagian Selatan hingga pulau kecil sekitaran Bali seperti Nusa Penida. Sebenarnya pulau dewata masih punya deretan wisata alam lainnya yang mengagumkan.

Seperti yang dikutip di sindonews.com, bahkan Bali juga punya banyak air terjun yang indah dan untuk dikunjungi

Loading...

Lokasinya ada di lembah setinggi 50 meter, Air Terjun Nungnung yang ada di Kabupaten Badung ini berada cukup dekat dari kawasan Kuta. Hawa sejuk dan segar bisa wisatawan nikmati saat berkunjung ke tempat ini.

Namun perhatikan waktu kalau ingin berkunjung, sebab saat hari besar seperti kuningan tempat ini akan ramai oleh warga lokal yang melakukan ibadah sembahyang. Meski begitu, saat hari besar tempat ini tidak ditutup untuk wisatawan dan biasanya akan ramai dengan adanya tradisi khas Bali berupa atraksi makotek, bermain dengan banyak bambu.

Bukan hanya kejutan berupa gemericik air dari ketinggian, panorama sawah yang indah bisa Anda nikmati sepanjang perjalanan menu Air Terjun Blemantung.

Berada di antara perkebunan kopi, Air Terjun Blamantung ini memiliki ketinggian 50 meter dan letakknya jauh dari keramaian kota, sehingga sempurna untuk berendam menikmati segarnya air dan udara yang sejuk.

Loading...

Kalau berencana liburan ke sini, disarankan untuk menginap di lokasi sekitar Tabanan, sebab jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar 75 km atau harus menempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kota Denpasar.

Kalau berencana menyebrang ke Nusa Penida sekalian saja datangi juga Air Terjun Peguyangan. Nah, Air Terjun Peguyangan ini lokasinya agak ke bagian jurang yang menghadap ke laut, sehingga memang berbeda dengan air terjun yang biasanya perlu masuk ke dalam hutan.

Di sini Anda tidak akan melihat pepohonan, justru akan disuguhi pemandangan samudera luas. Siapkan fisik dan stamina saat akan pergi ke tempat ini karena untuk menggapai Air Terjun ini turis perlu naik 870 anak tangga

Menikmati suara gemericik air dari ketinggian kawasan pegunungan juga bisa Anda rasakan jika mendatangi kawasan Buleleng. Nah, di wilayah Buleleng ada beberapa air terjun yang terkenal indah, salah satunya Air Terjun Banyumala. Di antara deretan bukit-bukit yang mengelilinginya ada aliran air terjun yang indah berjatuhan.

Muaranya juga melebar dan mengucur air deras, dengan kejernihan airnya, batu dan tanaman di sekitarnya pun menjadi landscape yang menawan untuk latar foto yang instagramable.

Masih di kawasan Buleleng, Anda bisa sekalian berwisata mengunjungi Air Terjun Sekumpul yang katanya merupakan air terjun paling indah di Buleleng.

Saat ke sini wisatawan tidak hanya akan menemukan satu atau dua air terjun saja, tapi ada sekumpulan air terjun yang jumlahnya tujuh. Disarankan bila ingin ke Air Terjun Sekumpul, agar menginap di dekat lokasi karena jaraknya sekitar 76 km dari kota Denpasar atau harus menempuh 2,5 jam dari wilayah Kuta.

Oh ya, di dekat Air Terjun Sekumpul terdapat juga Air Terjun Lemukih yang jaraknya sekitar 2 km. Jadi, sekali dayung bisa dua atau tiga air terjun yang Anda datangi selagi mengeksplore kawasan Buleleng.

Nuansa bebatuan dan air terjunnya yang berasal dari dalam tanah merupakan sisi menarik wisata alam Air Terjun Kanto Lampo yang letaknya di Gianyar Bali ini. Air Terjun Kanto Lampo juga sekaligus tempat mencari air suci dari desa untuk kepentingan upacara Dewa Yadnya ataupun Pitra Yadnya.

Ada sejumlah pelinggih atau yang disebut sebagai tempat suci yang dikeramatkan. Menurut cerita, sejumlah air yang mengalir disini berasal dari dalam tanah sehingga sangat jernih dan bersih belum tercemar. (***)

Loading...
Loading...