Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

5 Cara Mudah yang Ampuh untuk Hilangkan Dahak Tenggorakan Tanpa Obat

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Berurusan dengan dahak memang bisa menjengkelkan. Untungnya, terdapat beragam solusi rumahan yang bisa menghilangkan dahak di tenggorokan tanpa obat dan hasilnya sangat efektif.

Apabila terdapat banyak dahak di tenggorokan, cobalah solusi rumahan seperti berkumur menggunakan air garam dan menghirup uap untuk memecah lendir tersebut.

Selain itu, Anda bisa menguranginya dengan meminum cairan panas dan teh lemon, serta menyantap sup atau makanan pedas.

Sebagai tindakan terakhir, Anda harus mencegah terjadinya penumpukan lendir yang lebih parah dengan menghindari pemicunya.

Berikut 5 Metode Menghilangkan Dahak di Tenggorokan Tanpa Obat

  1. Gunakan humidifier (alat pelembap udara) untuk melembapkan saluran udara dengan uap yang hangat. Masukkan air suling ke dalam humidifier hingga mencapai garis batasnya.

Selanjutnya, nyalakan humidifier dan terus jalankan alat tersebut ketika Anda melakukan pemulihan.

Uapnya akan melembapkan saluran udara dan mengencerkan lendir. Ini bisa mengurangi dahak yang ada di tenggorokan.

Jika menginginkan, Anda bisa menambahkan minyak asiri eukaliptus (bahan ini biasa digunakan dalam produk vaporub).

Dengan pipet, tambahkan sekitar 2-3 tetes minyak ini ke dalam air yang ada di dalam perangkat sebelum Anda menyalakan humidifier.

  1. Berkumurlah dengan air garam hangat untuk mengurangi lendir dan menenangkan tenggorokan. Campur 1/2 sendok teh (3 ml) garam dengan 1 gelas (250 ml) air hangat.

Sesaplah sedikit air garam, tetapi jangan ditelan. Dongakkan kepala dan berkumurlah dengan air tersebut selama beberapa detik.

Selanjutnya, ludahkan airnya ke bak cuci dan berkumurlah dengan air bersih.

Anda bisa mengulangi tindakan ini setiap 2 hingga 3 jam sekali di sepanjang hari, sesuai keperluan.

  1. Mandilah dengan air panas dan hirup uapnya untuk memberi bantuan sementara. Uap dapat mengendurkan dan mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan sehingga mandi dengan air panas bisa bermanfaat.

Jika menggunakan pancuran, setel airnya ke pengaturan yang paling hangat, tetapi jangan terlalu panas. Selanjutnya, bersantailah di pancuran dan tariklah napas dengan dalam.

Anda juga dapat menggunakan  Minyak asiri eukaliptus di kamar mandi. Gunakan pipet untuk meneteskan sedikit minyak ke dalam bak mandi atau lantai sebelum Anda masuk ke dalam kamar mandi.

  1. Hiruplah uap dari air panas untuk mengendurkan dan mengencerkan dahak. Masukkan air panas ke dalam mangkuk yang besar. Selanjutnya, miringkan tubuh di atas mangkuk dan tutupi kepala dan mangkuk dengan handuk. Secara perlahan hirup uapnya senyaman mungkin. Setelah itu, minum satu gelas air putih untuk melakukan pendinginan dan menjaga agar Anda tetap terhidrasi.

Tindakan ini dinamakan penguapan wajah, yang dapat dilakukan satu atau dua kali dalam sehari sesuai keperluan untuk mengurangi dahak.

Untuk memberi manfaat tambahan, tambahkan minyak asiri ke dalam air, misalnya dengan memberi 2 hingga 3 tetes minyak asiri eukaliptus, rosemary, atau pepermin untuk membantu mengencerkan lendir dan melegakan tenggorokan.

  1. Bersenandunglah (dengan mulut di tutup) untuk memecah dahak apabila tenggorokan tidak terasa sakit. Bersenandung akan menggetarkan tenggorokan, yang bisa memecah dahak secara efektif. Senandungkan lagu kegemaran Anda selama satu atau dua menit, lalu teguklah air putih. Ini bisa membantu membersihkan tenggorokan.

Tindakan ini sebaiknya di lakukan apabila tenggorokan tidak sakit. Jika Anda merasa tidak nyaman ketika bersenandung, cobalah melakukan cara lain.

Nah, Itu dia 5 tips yang dihimpun Owntalk dari berbagai sumber untuk menghilangkan dahak di tenggorokan tanpa obat. kamu sudah coba, bagaimana hasilnya ?. (***)