Senin | 12 April 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Langgai Festival 2021 untuk Bangkitkan Budaya Melayu dan Menarik Wisatawan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis Zubari resmikan Selat Baru Langgai Festival Tahun 2021 di Pantai Selat Baru, Bengkalis, Minggu, 21 Februari 2021.

Dikatakan Zubari yang mewakili Pj Bupati, festival ini sebagai upaya untuk menumbuh kembangkan, serta melestarikan kembali Budaya Langgai yang hampir hilang, seiring berkembangnya zaman.

Loading...

“Festival ini juga untuk menarik minat wisatawan agar mengetahui budaya khas masyarakat Melayu yang ada di pesisir,” ujarnya.

Ia berharap, festival tersebut dapat dijadikan sebuah iven tahunan. Sehingga, katanya, melalui kegiatan seperti ini dapat mengingatkan masyarakat, bahwa melayu memiliki kekayaan budaya.

“Kegiatan melanggai ini sudah menjadi tradisi nelayan pesisir pantai ketika musim udang tiba dan di saat air laut tenang, masyarakat di pesisir pantai memanfaatkan alam atau laut yang ada utuk mencari rezeki. Hasil tangkapan dari melanggai tersebut antara lain udang, ikan kecil dan kepiting,” ujar Zubari.

Sementara itu, Camat Bantan Supandi menambahkan diadakannya festival langgai ini menjadi awal langkah kita untuk memperkenalkan budaya kita yang selama ini hilang.

Loading...

Disebutkannya, acara ini tidak terlepas dari kreasi dan ide yang luar biasa dari para pemuda Selat Baru. Dengan menggali ulang filosofi-filosofi khazanah lokal, tambahnya, menjadikan narasi yang sangat bagus dan dapat terus dipatenkan. 

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Daerah Pemilihan Bengkalis Bantan Askori, Kepala Desa Selatan Baru Rahayu Nendang, Kepala UPT Pariwisata Kecamatan Bantan Candra Kusuma, Ketua LAMR Kecamatan Bantan H Arifin, serta Komunitas Genpi Kabupaten Bengkalis dan para peserta Festival Langgai. (juny)

Loading...
Loading...