Selasa | 09 Agustus 2022 |
×

Pencarian

HEADLINE

Laut Anambas Kaya Raya, Tarmizi: Berjuang dan Jagalah, Saya Sudah Tak Mampu Tuk Berbuat

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Anambas, Tarmizi meminta pengurus untuk berjuang dan menjaga laut di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Berjuang dan jagalah laut Anambas. Saya sudah tak mampu untuk berbuat. Umur pun dan lanjut,” ucapnya saat menghampiri Sekretariat HNSI Anambas di Jalan Ahmad Yani, Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Minggu, 14 Februari 2021.

Dia menyebutkan, sebelum terbentuk Kabupaten Anambas, laut dan wisata bahari merupakan aset terbesar sebagai penunjang ekonomi warga. Dan saat itu, katanya, banyak nelayan bergantung hidup dari hasil tangkapan.

” Dari hasil Survei PBB, laut Siantan dan Jemaja memiliki karang yang luas. Ragam spesies ikan yang hidup,” katanya.

Begitu kaya rayanya laut Anambas, ribuan pukat pun masuk. Dan pukat yang masuk ini mulai dari Vietnam, tiongkok hingga Filipina.

Untungnya, katanya lebih jaug, umumnya dahulu, nelayan dari luar masih menggunakan kapal tangkap yang besar dan masih sistem pancing. Namun Kini, tambahnya, mereka mulai menggunakan kapal pukat.

“Pukat catrang, trool dengan peralatan cangging pun masuk. Jadi nelayan tradisional Anambas mulai kalah saing,” ucap Tarmizi.

Akibat kapal pukat yang beroperasi dengan bebas, wisata bahari punah, karang-karang di laut rusak.

“Nasib ribuan nelayan Anambas berada di tangan HNSI. Jika kalian lelah bekerja, maka ribuan nelayan akan binasa,” seraya mengakhiri. (ropi)