Sabtu | 13 Agustus 2022 |
×

Pencarian

MEDIA FOTO

SEMARAK…!!! Warga Kecamatan Siantan Timur Sambut Meriah STQ Perdana di Desa Serat

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Sileksi Tilawatil Qur’an (STQ) perdana tingkat Kecamatan Siantan Timur di Desa Serat di buka secara resmi oleh Camat Siantan Timur, Abdul Kadir, Kamis, 25 Februari 2021, malam.

Pembukaan kegiatan relisius untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta menjalin silatulrahmi ini ditandai dengan pemukulan gong.

Kegiatan STQ ke-1 di Desa Serat tahun 2021 ini, berlangsung selama 3 hari. Para peserta undangan dan warga yang terlibat diwajibkan mematuhi protokol kesehatan oleh panitia.

Peserta dan undangan yang hadir bersama 6 kepala desa se-Kecamatan Siantan Timur.

Untuk pembukaannya, diawali dengan tari persembahan sekapur sirih oleh remaja putri desa setempat. Gerak gemulai para penari dalam acara pembukaan perdana STQ tersebut disambut meriah oleh undangan dan warga setempat.

Usai menampilkan keindahan gerak tari persembahan, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan qalam ilahi oleh Ustad Sohirun Fahrul Sidik. Lalu, acara disusul dengan pengibaran bendera STQ oleh putra – putri Desa Serat.

Peserta undangan camat, sekcam dan kepala desa se-kecamatan beserta tokoh agama se-Kecamatan Siantan Timur

Kemeriahan kegiatan dengan mengusung tema besar “Kita Bebaskan Buta Aksara Al-Quran Menuju Generasi Gemilang Bersama Cahaya Al – Quran” berjalan dengan lancar dan tertib.

Selanjutnya, sebelum digelar kompetisi, dilakukan pengukuhan untuk dewan hakim yang menjadi penilai bagi peserta oleh camat Siantan Timur.

Dalam STQ Ke-1 ini ada 3 (tiga) cabang yang diperlombakan yakni Cabang Tilawatil Qur’an, Cabang Hijzil Qur’an dan Cabang Musabaqoh Hadist. Adapun total peserta yang mengikuti yakni sebanyak 31 peserta yang berasal dari 6 desa.

Tari persembahan sekapur sirih oleh remaja putri Desa Serat, Kecamatan Siantan Timur

Dalam sambutannya, Camat Siantan Timur, Abdul Kadir yang sekaligus melakukan pembuka STQ ini berharap, ajang STQ dapat dijadikan ajang silaturahmi antar desa sekaligus meningkatkan syiar agama Islam. Bagaimana melalui kegiatan ini dapat meningkatkan semangat anak-anak, khususnya lebih mengenal dan mencintai alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita gali potensi minat dan bakat menuju generasi yang unggul, cerdas dan berakhlakul kharimah. Wujudkan genarasi al qur’ani, supaya syiar Agama Islam benar-benar dirasa oleh generasi bangsa khususnya di kabupaten anambas yang kita cintai ini, ” jelas Abdu Kadir.

Kemudian, lebihjauh katanya, bagi peserta lomba yang ikut serta dalam STQ tahun 2021 ini, sebagai pemenang diharapkan dapat mewakili Siantan Timur ketingkat Kabupaten untuk tahun mendatang.

Pengukuhan 4 dewan hakim oleh Camat Siantan Timur

Dalam kesempatan tersebut, kepala desa serat Antika mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kecamatan sebagai pelaksana STQ pertama di kecamatan Siantan Timur.

Diakuinya, dari 6 desa sekecamatan Desa serat sangat jauh tertinggal dibandingkan desa yang lain. Baik itu SDM maupun sarana dan prasarana, namun tidak menyurutkan semangatnya selaku tuan rumah untuk memberikan yang terbaik.

Sambutan sekaligus pembukaan pertanda dimulainya pelaksanaan STQ Ke-1 Tingkat Kecamatan Siantan Timur Tahun 2021

“Terima kasih, semoga generasi muda khusus nya desa serat agar dapat meningkatkan mental, prilaku hidup yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, “

Dengan dipercayanya sebagai tuan rumah pelaksanaan STQ ini dirinya berharap jalinan komunikasi dan hubungan sesama semakin lebih baik kedepan nya. (ropi)

Pengibaran Bendera STQ oleh remaja putra dan putri Desa Serat
Penyerahan sekapur sirih kepada tamu undangan yang hadir diwakili Ketua LAM Kecamatan Siantan Timur