Kamis | 30 Juni 2022 |
×

Pencarian

KEPRI

Didukung Seluruh Tokoh Masyarakat, Himpunan Keluarga Sultra (HKST) Kepri Bakal Terbentuk

Terlihat tokoh masyarakat Sultra di Kepri menggelar rapat di Morning Bakery Tanjungpinang Sabtu 13 Maret 2021 untuk membentuk HKST Provinsi Kepri dan HKST di seluruh kabupaten dan kota di Kepri. Foto istimewa

MEDIAKEPRI.CO.ID, TANJUNGPINANG- Belasan tokoh masyarakat Provinsi Kepulauan Riau asal Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung sepenuhnya pembentukan Himpunan Keluarga Sulawesi Tenggara (HKST) Provinsi Kepulauan Riau.

Para tokoh masyarakat Sultra juga telah bersepakat akan membentuk kepengurusan HKST di seluruh kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kepri.

Kesepakatan itu dilahirkan saat para tokoh menggelar rapat di Morning Bakeri Sabtu 13 Maret 2021 lalu. Hadir saat itu, Letkol TNI (AD) M. Rizal, La Ode Kamaruddin, Mujaidin, S.Sos, Anwar S.St.Pi, M.H, Rasyid, La Ode Abdul Rahman, La Banihun, Mukmin Ingkaapo, La Ode Teehe, La Ode Jaliuddin dan Ajitara, S.Kom.

Secara administratif kelembagaan nantinya, para tokoh tersebut merupakan pendiri dari HKST Provinsi Kepulauan Riau.

Kepada mediakepri.co.id, Kamis 18 Maret 2021, Anwar menjelaskan pembentukan HKST Provinsi Kepri bukan paguyuban tandingan dari kerukunan keluarga  Sultra lainnya. Pembentukan HKST Kepri murni sebagai wadah silaturahmi masyarakat Kepri asal Sultra.

“Kita tidak ingin, masyarakat Sultra di Kepri bercerai berai. Maka dari itu, kita bangun wadah silaturahmi yang mengedepankan sektor sosial, ekonomi dan kekeluargaan serta budaya, “ujar Anwar.

Anwar yang juga Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri di  Kabupaten Karimum ini mengatakan pembentukan HKST Kepri telah didukung dan direstui tokoh masyarakat Sultra yang berada di seluruh kabupaten/kota di Kepri.

“Kita sudah komunikasikan dan sebagian besar kita sudah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat Sultra di kabupaten/kota di Kepri. Dan para tokoh mendukung sepenuhnya pembentukan HKST Kepri, “sebut Anwar yang didampingi tokoh masyarakat Sultra di Bintan, Rasyid La Baga.

Senada dengan Anwar, Rasyid La Baga menegaskan pembentukan HKST Kepri dibentuk untuk merangkul seluruh masyarakat Kepri asal Sultra

“Kita akan satukan seluruh warga Sultra di Kepri dalam satu visi misi di bidang sosial, kemasyarakatan, budaya dan ekonomi, “ujar Rasyid.

Pada kesempatan itu Rasyid menegaskan dirinya bersama masyarakat Sultra di Bintan segera merapatkan diri untuk membentuk HKST Kabupaten Bintan.

“Kita di Bintan akan menggelar rapat sesegera mungkin untuk mewacanakan pembentukan HKST Kabupaten Bintan, “ungkap Rasyid La Baga yang didampingi tokoh muda Sultra di Tanjungpinang, La Ode Jaliuddin.

Pun La Ode Jaliuddin menegaskan HKST Kepri adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang tidak berafiliasi kepada unsur-unsur politik.

“Terkadang organisasi sosial kemasyarakatan yang tergiring kepada unsur politik di saat Pemilu rawan terhadap perpecahan terhadap sikap-sikap sosial, ekonomi dan budaya di tengah masyarakat kita, “kata Jaliuddin.

Maka dari itu, sebagai bagian dari warga Tanjungpinang asal Sultra, dirinya mendukung penuh penuh pembentukan HKST Kepri.

“Dalam waktu dekat untuk menopang kekuatan HKST Kepri, kami di Tanjungpinang sesegera mungkin merapatkan diri untuk mewacanakan pembentukan HKST Kota Tanjungpinang, “kata Jaliuddin. (ml)