Senin | 04 Juli 2022 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Perhatikan, Tak Semua Makanan Cocok di Simpan dalam Kulkas

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – kulkas memang tempat ideal untuk menyimpan bahan makanan agar lebih awet kesegarannya. Tapi ternyata ada bahan makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Dari generasi ke generasi, kepercayaan menyimpan berbagai makanan dalam kulkas selalu diturunkan. Suhu dingin kulkas bisa mempertahankan kualitas makanan, namun faktanya tidak semua makanan cocok untuk disimpan dalam suhu dingin seperti dalam kulkas.

Beberapa bahan makanan ternyata lebih cocok disimpan hanya di suhu ruang saja. Kebiasaan menyimpan bahan makanan di dalam kulkas bahkan membuat makanan dalam kemasan yang tertulis

“simpan pada tempat kering dan sejuk” akan membuat kita menyimpan makanan tersebut di dalam kulkas.

Contohnya beberapa buah dan sayuran yang ternyata tidak perlu disimpan dalam kulkas. Buah dan sayuran ini sudah cukup baik jika disimpan hanya pada suhu ruang dengan permukaan yang kering.

Dilansir dari detik.com, Berikut ini 12 bahan makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

1. Paprika

Paprika merupakan sayuran berwarna terang yang berukuran cukup besar. Ternyata paprika tergolong ke dalam sayuran yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Menyimpan paprika cukup di suhu ruangan saja seperti di rak dapur atau sebuah kantong. Menyimpan paprika di dalam kulkas hanya akan membuat paprika kehilangan kesegaran dan tekstur renyahnya.

2. Buah Tropis

Tidak semua buah cocok untuk disimpan dalam kulkas. Salah satunya jenis buah-buahan eksotis atau yang tumbuh di dataran tropis.

Pisang, mangga, pepaya dan beberapa buah tropis lainnya justru lebih baik jika disimpan di tempat yang lebih hangat. Temperatur yang rendah hanya akan merusak penampilan fisik dan tekstur buah tropis.

3. Saus

Saus menjadi bahan makanan yang semua orang akan secara otomatis akan menyimpannya di dalam kulkas. Ternyata kualitas saus tidak akan berpengaruh jika disimpan di dalam kulkas.

Saus tomat, mustard, kecap asin, cuka, saus sambal dan berbagai jenis saus lainnya cukup disimpan di rak dapur saja. Contohnya jika kamu datang ke sebuah restoran kamu akan melihat saus yang hanya diletakkan di meja bahkan untuk waktu yang lama.

4. Cokelat

Tampaknya cokelat memang akan lebih enak dan bertahan lama jika disimpan dalam Kulkas .Ternyata, cokelat justru tidak boleh disimpan di dalam kulkas.

Cokelat yang disimpan di dalam kulkas akan dengan mudah menyerap aroma dari bahan makanan lain dan kelembaban yang ada pada kulkas akan membuat lapisan putih di bagian atas coklat. Coklat cukup disimpan pada suhu 15,5 – 21 derajat Celcius, cokelat mampu bertahan selama 6 bulan.

5. Mentega

Sebagian besar orang terbiasa menyimpan mentega langsung di dalam kulkas. Hal ini mengingat mentega yang berasal dari produk olahan susu.

Ternyata menyimpan mentega dalam kulkas adalah suatu kesalahan besar yang banyak dilakukan. Kandungan lemak sebesar 80% yang ada pada mentega membuatnya mampu bertahan melawan bakteri hanya pada suhu ruang.

6. Roti dan Kue

Kamu pernah menyimpan roti yang baru dibeli ke dalam kulkas? Jika menyimpan roti ke dalam kulkas dengan tujuan awet, kamu justru akan menemukan roti menjadi cepat menurun kualitasnya.

Roti yang disimpan di dalam kulkas akan lebih mudah kehilangan kelembabannya. Jika menyimpan roti di dalam kulkas, roti akan menjadi lebih cepat kering dan tidak segar.

7. Soda yang Belum Dibuka

Minuman berkarbonasi seperti soda, soft drink, jus dan lainnya memang akan lebih segar jika dalam keadaan dingin. Tetapi, untuk botol-botol yang belum dibuka cukup disimpan pada suhu ruang saja.

Ketika kamu sudah membuka botol minuman ringan, menyimpan sisanya di kulkas memang sangat disarankan. Tetapi ketika botol mereka masih rapat, produk ini akan tahan lama walaupun hanya disimpan pada rak dapur dengan suhu ruang.

8. Ikan Kaleng

Ikan kaleng yang masih dalam kemasan tertutup rapat cukup disimpan pada suhu ruang di rak dapur. Menyimpan ikan kalengan yang belum terbuka tidak akan berpengaruh untuk membuatnya lebih segar.

Ikan kalengan yang belum dibuka, bahkan bisa bertahan hingga berbulan-bulan tanpa masalah pada suhu ruang. Tetapi sekali kalengnya sudah dibuka, menyimpannya di dalam kulkas menjadi suatu keharusan.

9. Kemangi

Untuk menjaga agar kemangi yang akan digunakan sebagai lalapan tetap segar, jangan simpan di dalam kulkas. Lebih baik simpan kemangi dalam gelas berisi air.

Caranya, siapkan gelas dan isi 1/2 bagiannya dengan air. Kemudian rendam kemangi hingga setengah batangnya berada di dalam air. Cara ini bahkan juga bisa dilakukan pada rempah lainnya seperti parsley dan cilantro.

10. Apel dan Pir

Apel dan pir sebenarnya boleh saja jika ingin disimpan di dalam kulkas. Tetapi menyimpannya di dalam kulkas bukan suatu keharusan yang harus dilakukan.

Udara dingin pada kulkas dapat dengan mudah merusak tekstur renyah dari apel dan pir. Tetapi jika kamu menyukai keduanya dalam keadaan dingin, menyimpannya di dalam kulkas masih sangat diperbolehkan.

11. Acar

Acar sangat tidak butuh untuk disimpan di dalam kulkas. Kandungan garam yang tinggi pada acar membuatnya memiliki pengawet alami dan membuat acar dapat bertahan lama.

Acar akan sangat aman jika disimpan dalam waktu yang lama pada suhu ruang. Satu-satunya alasan acar boleh masuk ke dalam kulkas adalah jika ingin dinikmati dalam keadaan dingin.

12. Bawang Putih

Kelembaban menjadi musuh utama bawang putih. Menyimpan bawang putih dalam suhu lembab seperti pada kulkas dapat membuat bawang putih mudah ditumbuhi jamur.

Menyimpan bawang putih lebih dianjurkan pada tempat kering dan gelap yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Menyimpan bawang putih pada suhu ruang akan membuatnya jauh lebih awet dibandingkan jika disimpan dalam kulkas. (*)