Selasa | 09 Agustus 2022 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Polbeng Tandatangani PKS APTIKOM dengan Kepala Prodi Ilmu Komputer PTN/PTS Provinsi Riau

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menandatangani Perjanjian Kerja Sama Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (PKS APTIKOM) Provinsi Riau dengan Kepala Program Studi PTN/PTS Ilmu Komputer Provinsi Riau.

Penandatangan PKS APTIKOM yang berlangsungbdi Aula Universitas Muhammdiyah Riau, Jl. Tuanku Tambusai Ujung, Pekanbaru, Selasa, 16 Maret 2021 itu disaksikan Ketua Umum APTIKOM Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MS, Ph.D, Ketua APTIKOM Provinsi Riau Dr. Muhardi, S.Kom., M.Kom serta Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc.

Usai penandatangan PKS,  Direktur Polbeng Johny Custer, ST, MT menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti MoU antara Pemerintah Provinsi Riau dengan APTIKOM tentang Project Design Riau Digital (PDRD)2021-2025.

Dikatakannya, pelaksanaan PDRD tersebut melibatkan PTN/PTS anggota APTIKOM Provinsi Riau sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ia menjelaskan, PKS ini sebagai wujud implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan link and match antara dunia pendidikan tinggi dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

“Alhamdulillah kegiatan penandatangan PKS APTIKOM Riau bersama Prodi Ilmu Komputer PTN/PTS Provinsi Riau berjalan lancar, “ujar Johny kepada mediakepri.co.id, Rabu 17 Maret 2021.

Johny merinci, PKS termasuk termasuk Prodi di lingkungan Jurusan Teknik Informatika Polbeng. Antara lain,  Informatika, Rekayasa Perangkat Lunak dan Keamanan Sistem Informasi,” ujarn Johny kepada mediakepri.co.id melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp, Rabu, 17 Maret 2021.

Saat ini tambah Johny dituntut untuk dekat dengan DUDI. Sehingga ilmu yang diperoleh di kampus dapat dimanfaatkan di dunia nyata (industri). Atau apa yang dibutuhkan oleh industri, perguruan tinggi siap untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai kebutuhan industri.

Salah satunya Johny mencontohkan  GIS (Geographic Information System’) yang saat ini dibutuhkan untuk berbagai sektor seperti pertanian, perkebunan, kehutanan, kesehatan, UMKM dan sektor pendidikan sendiri.

“Zaman digital saat ini memang mengharuskan kolaborasi dan sinergi berbagai pihak. Tentu kita berharap PKS ini bisa berjalan baik dan lancar dan tidak hanya sebatas penandatangan saja, “ujar Johny.

Kepda awak mesia ini, Johny berharap agar dengan kerja sama tetsebut, keberadaan prodi-prodi rumpun Informatika dan Ilmu Komputer di Polbeng bisa mendukung pelaksanaan PDRS 2021-2025. (juny)