Senin | 04 Juli 2022 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Simak Yuk Segudang Manfaat Rutin Konsumsi Daun Kelor

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Daun Kelor merupakan daun terkenal di Indonesia. Mulai terkait hal mistis hingga manfaat sehat. Ternyata daun kelor superfood yang dikonsumsi di seluruh dunia.

Daun kelor atau yang secara ilmiah disebut Moringa Oleifera merupakan sejenis tumbuhan yang tersebar di seluruh dunia. Tumbuhan ini bahkan dikenal sebagai makanan super yang padat nutrisi.

Daun kelor atau moringa juga digunakan secara konsisten sebagai pengobatan Ayurvedic sejak ribuan tahun yang lalu.

Tidak hanya banyak dimanfaatkan di Indonesia, daun kelor juga banyak digunakan di benua Afrika.

Daun kelor bahkan disamakan dengan pohon baobab yang bisa digunakan semua bagiannya secara maksimal. Mulai dari daun, biji, akar hingga bunganya.

Dilansir melalui Today 10 Maret, moringa atau daun kelor kaya akan vitamin A, C, kalium, kalsium, zat besi dan protein.

Daun kelor juga mengandung asam amino esensial, lebih dari 90 nutrisi serta 46 jenis antioksidan yang berbeda yang sangat baik untuk kesehatan.

Di Ghana, daun ini kerap dijadikan untuk mengobati iritasi kulit, anemia, sakit kepala, tekanan darah, peradangan, disfungsi ereksi, demam, diare hingga mengatasi kekurangan gizi atau gizi buruk.

Caranya dengan mengeringkan daun ini dan menghaluskannya hingga menjadi bubuk.

Popularitas daun kelor juga tak kalah tingginya di Indonesia. Daun ini selalu dipercaya sebagai sumber nutrisi yang begitu baik dan banyak dikonsumsi untuk makanan sehari-hari di rumah.

Daun kelor juga bisa membantu para ibu yang baru melahirkan untuk meningkatkan produksi ASI saat memasuki masa menyusui.

Mengonsumsi daun kelor secara rutin juga telah terbukti membantu menstabilkan kadar gula darah dan insulin pada penderita diabetes hingga kondisi medis lainnya yang berkaitan dengan diabetes.

Daun kelor atau moringa bahkan digunakan sebagai asupan para atlet gunamemenuhi kebutuhan zat besi, vitamin A dan C yang tinggi.

Selain itu, asam amino dan kandungan kalsiumnya juga dapat membantu para atlet dan olahragawan lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan massa otot dan perlindungan jaringan sel selama melaksanakan aktivitas fisik yang tinggi.

Secara tradisional atau rumahan, daun kelor bisa dimasak menjadi sayur bobor daun kelor, sayur bening daun kelor, cumi oseng daun kelor dan masih banyak olahan sayur lainnya.

Daun kelor juga bisa dinikmati dalam bentuk camilan seperti stik daun kelor, kue kering daun kelor dan bola daun kelor.

Kini daun kelor dijual dalam bentuk kapsul yang mudah dan murah dikonsumsi sebagai suplemen.

Saat menjalani aktivitas di masa pandemi atau rentan terhadap penyakit, konsumsi daun kelor  juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Bahkan, daun kelor juga memiliki fungsi yang hampir menyerupai cokelat yaitu membangkitkan suasana hati yang positif. (*)