Rabu | 21 April 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Cuaca Ekstrem di Indonesia, Jokowi Imbau BMKG Gencarkan Peringatan Dini ke Masyarakat

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan adanya bahaya lanjutan dari cuaca ekstrem yang melanda wilayah Indonesia dalam beberapa hari terakhir ini.

Jokowi meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk menggencarkan peringatan dini cuaca ekstrem kepada masyarakat.

Loading...

“Saya minta BMKG untuk menggencarkan peringatan cuaca ekstrim akibat dari siklon tropis seroja,” kata Jokowi dikutip tribunnews.com, dalam rapat terbatas penanganan bencana di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 6 April 2021.

Presiden minta peringatan dini cuaca ekstrem tersebut dapat diakses oleh seluruh kepala daerah di Indonesia, sehingga dapat melakukan antisipasi di wilayahnya sebelum bencana itu terjadi.

“Pastikan seluruh kepala daerah dan masyarakat dapat mengakses memantau prediksi cuaca dan iklim yang dikeluarkan oleh BMKG, mereka harus tahu semuanya sehingga masyarakat bisa meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaannya untuk menghadapi ancaman resiko baik itu angin kencang, bahaya banjir, banjir bandang dan tanah longsor,” katanya.

Sementara itu Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa prakiraan dalam 7 hari ke depan, gelombang di lautan Indonesia masih berpotensi tinggi akibat siklon tropis seroja.

Loading...

Hal itu disampaikan Dwikorita usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi.

“Gelombang di lautan masih berpotensi tetap tinggi. Jadi harus diwaspadai juga di lautan, meski daratannya nanti sudah semakin tenang, tapi lautannya, gelombangnya masih semakin tinggi,” katanya.

BMKG memprediksi bahwa setelah 7 April cuaca akan semakin membaik karena badai siklon tropis seroja semakin menjauh dari Indonesia.

“Tetapi sebelum tanggal 7 itu masih terjadi hujan dapat mencapai lebat disertai kilat, petir dan angin kencang. Namun setelah itu, insya Allah prediksinya situasi cuaca sudah semakin membaik,” pungkasnya. (*)

Loading...
Loading...