Senin | 17 Mei 2021 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Diduga Dana SILPA ADD 2019 “Diselewengkan” Kades Air Biru

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Diduga Kepala Desa Air Biru, Badri menyelewengkan Sisa Lebih Pembiayaan Alokasi Dana Desa ( SILPA – ADD) tahun 2019 sebesar Rp400.000.000.

Dana tersebut berasal dari beberapa item usulan pembangunan desa oleh warga melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2019.

Loading...

Item tersebut pembangunan tempat Wudhu Mesjid Al – Maun, pemasangan pipanisasi air bersih, pengadaan barang Inventaris Posyandu, PKK dan Pembangunan Pelabuhan T  serta rumah tunggu dusun 1 Desa Air Biru. Keseluruhan item tersebut tak kunjung selesai direalisasikan.

Sumber tertutup salah seorang warga Desa Air Biru menyayangkan ulah kepala desa tersebut. Menurutnya, dana SILPA – ADD tahun 2019 sudah dicairkan namun progres pembangunan tidak direalisasikan dengan semestinya.

“Sebagian proyek pengadaan dan pembangunan telah dikerjakan namun diduga ditutupi pakai anggaran APBDes tahun 2020, ” sebutnya.

Dijelaskannya, dugaan penyelewengan tersebut telah disampaikan kepada anggota BPD, camat serta inspektorat.  Namun belum ada penjelasan dari pemerintah desa kepada masyarakat setempat.

Loading...

“Setelah dilaporkan, kepala desa (Badri), justru memberhentikan bendahara yang lama dan menggantikan dengan bendahara yang baru, ” ucap warga itu dengan nada kesal.

Lebih jauh, katanya, dari empat ratus lebih juta rupiah tersebut, sekitar tiga ratus juta rupiah digunakan untuk pembayaran hutang di toko bangunan, sedangkan sisanya seratus lebih juta tidak jelas kegunaannya.

Di tempat terpisah Kepala Desa Air Biru, Badri menjelaskan terkait realisasi pembangunan. Ia akan segera menjelaskannya kepada pihak-pihak terkait.

Namun dirinya mengakui, ada beberapa item pembangunan  pengurangan volume cuma secara administrasi belum dibuatkan berita acaranya.

“Realisasi pembangunan sebagian telah direalisasikan, namun ada beberapa peralihan yang harus didahulukan sesuai keinginan warga. Untuk lebih jelasnya nanti kita bicara kan, ” ucap Badri kepada mediakepri.co.id.

Ditanya soal anggaran, apakah pelaksanaan yang telah realisasi menggunakan dana SILPA tahun 2019 atau tahun 2020, Badri enggan menjelaskan. (ropi)

Loading...
Loading...