Rabu | 21 April 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Giat Patroli Karlahut, Serda Nasril Efendi Tanjung: Wujud Kepedulian TNI Terhadap Lahan dan Hutan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Meranti, – Babinsa Koramil 08/Merbau, Kodim 0303/Bengkalis melaksanakan patroli dan sosialisasi terkait kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah Dusun 3, Desa Tanjung Kulim, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu, 03 April 2021.

Kegiatan dilakukan oleh Serda Nasril Efendi Tanjung bersama Satpol PP serta perangkat desa dan warga tempatan dalam rangka mencegah terjadinya karlahut.

Loading...

Dikatakan oleh Evendi Tanjung, patroli karlahut tersebut bertujuan untuk mendeteksi titik-titik api khususnya yang ada di daerah yang rawan kebakaran.

“Tujuannya, jika ada titik-titik api yang ditemukan, dapat segera diatasi sebelum membesar sebagai upaya untuk menyelamatkan hutan. Ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap lahan dan hutan,” ujarnya.

Di samping patroli, lanjutnya, ia juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan para pihak pemanfaat lahan lainnya terkait karlahut.

“Kami mengimbau agar semua pihak pemanfaat lahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, tapi sebaiknya dengan cara yang tidak akan mengakibatkan kebakaran,” terangnya.

Loading...

Senada dengan Efendi Tanjung, masyarakat tempatan menyambut baik kegiatan patroli tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian TNI khususnya Babinsa Koramil 08/Merbau, Kodim 0303/Bengkalis terhadap karlahut di daerah kami,” ujar salah seorang masyarakat.

Bagaimanapun, ujarnya, dengan adanya patroli dan sosialisasi, kebakaran lahan dan hutan dapat dicegah sedini mungkin.

“Mudah-mudahan masyarakat kami tidak ada lagi yang membuka lahan dengan cara membakar sehingga karlahut tidak lagi terjadi di kampung kami,” pungkasnya.

Patroli karlahut berjalan dalam keadaan tertib dan lancar. Selama patroli berlangsung, keadaan lahan dan hutan aman dan kondusif. (juny)

Loading...
Loading...