Kamis | 30 Juni 2022 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Terkait Tunda Bayar Honor Guru, Pemkab Bengkalis Terima Audiensi Guru MDTA Irsyadiyah Lubuk Muda

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Bupati Kasmarni melalui Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso terima audiensi bersama guru MDTA Irsyadiyah Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil terkait tunda bayar honor guru MDTA Irsyadiyah dari tahun 2020-2021, Jumat, 23 April 2021 di Ruang Rapat Wakil Bupati Bengkalis.

Bupati Kasmarni dalam arahannya melalui Wabup Bagus Santoso mengatakan Pemerintah Daerah sudah menyiapkan anggaran untuk honor guru MDTA/Madrasah.

Dari data Dinas Pendidikan kesalahannya pada validasi data dari Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Siak Kecil sehingga data tersebut tidak terinput pada sistem. Jika sudah terdata pasti akan dibayar.

“Ini sebagai kesalahpahaman dan dapat menjadi pembelajaran, yang harus diperhatikan adalah tertib administrasinya, jalin komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan KKG, jangan sampai kesalahan ini terjadi lagi,” tegas Bagus.

Bagus Menambahkan untuk tahun 2020 dan triwulan pertama tahun 2021 gaji guru honor mulai dari MDTA, MI, MTS, MA, Pengawas dan termasuk RA sudah bayar. Pertemuan ini kita harapkan akan mendapat solusi yang tepat, gara-gara kesalahan satu orang semua yang merasakan dampak dan akibatnya, salah satunya orang tua kita yang mengajar di MDTA Irsyadiyah.

“kami intruksikan secepatnya lakukan pertemuan, panggil KKG, majelis guru, lintas TAPD untuk mencari payung hukum. Harus cari solusi yang tepat sesuai peraturan yang berlaku,” kata Bagus dikutip dari bengkaliskab.go.id.

Selanjutnya Ismail, Operator MDTA Irsyadiyah Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil mengatakan ketika mulai berdiri MDTA ini tahun 2010, setiap tahun pasti mendapatkan bantuan dari Pemkab, namun mulai dari tahun 2020-2021 kami tidak menerima bantuan kesejahteraan dari Pemkab Bengkalis. Kewajiban kami sudah dilaksanakan, sementara hak belum terpenuhi. Kami bekerja memenuhi kebutuhan kehidupan keluarga. 

“Per tiga bulan kami pasti pergi mengecek rekening untuk melihat apakah gaji kami sudah keluar, pergi dengan membawa sejuta harapan, balik membawa sejuta kesedihan,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Agusilfirdimalis mengutarakan untuk seluruh guru honorer sekolah Madrasah di Kabupaten Bengkalis masing-masing MDTA berjumlah 2070 orang, MI 240 orang, MTS 750 orang, MA 460 orang, pengawas sebanyak 8 orang dan untuk RA 105 orang. Dari keseluruhan ini sudah kita lakukan transfer gajinya. Sedangkan untuk kenaikan gaji guru honorer tahun 2020-2021 untuk besaran gaji yang mereka dapat masih sama dari sebelumnya, diantaranya Rp700 ribu untuk gaji MDTA, MI Rp750 ribu, MTS Rp800 ribu, MA Rp850 ribu, gaji pengawas Rp500 ribu dan RA Rp300 ribu.

“Terkait honor Guru MDTA Irsyadiyah Lubuk Muda yang belum dibayar dari tahun 2020 hingga 2021, kami akan menginput data ulang dan nanti akan kami sampaikan langsung dengan majelis guru”, kata Bagus. (***)