Senin | 17 Mei 2021 |
×

Pencarian

BATAM

Antisipasi Serangan OTK, Mako Brimob Polda Kepri Siapkan Senjata ‘Sasumata’

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Seringnya terjadi aksi penyerangan di Mako Polri seperti Mako Polda, Polres, Polsek bahkan Mako Brimob di berbagai daerah di Indonesia oleh orang tidak dikenal, membuat para personil harus selalu siaga.

Maka dari itu Mako Satbrimob Polda Kepri menambah perlengkapan senjata untuk melaksanakan pengamanan dan untuk mengantisipasi adanya ancaman atau serangan orang tidak dikenal (OTK).

Loading...

Komandan Satbrimob Polda Kepri Kombes Pol M Rendra Salipu mengatakan, saat ini Mako Brimob dilengkapi dengan senjata yang bernama Sasumata.

“Sasumata ini adalah senjata kuno dari negara Jepang yang berbentuk tongkat panjang dan diujungnya ada besi setengah lingkaran,” ungkap Rendra dikutip dari batamclick.com.

Alat ini berguna untuk menahan, menangkis serta menjatuhkan serangan tunggal sehingga jarak petugas dengan pelaku penyerangan tetap dalam jarak aman, jelas Rendra.

“Penggunaannya ini harus sesuai dengan peruntukannya yakni, untuk menahan, menangkis dan menjatuhkan suatu serangan tunggal,” terang Rendra.

Loading...

Alat ini kami lengkapi untuk personel penjagaan yang ada di depan markas untuk membantu mereka bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Ditanbahkan Rendra, sasumata ini juga berguna agar anggota bisa melakukan tindakan terukur untuk melumpuhkan pelaku tanpa melakukan penembakan.

” Jadi jika pelaku tertangkap hidup-hidup kita bisa mengembangkan motif pelaku dan jaringan para pelaku tersebut,” tutup Rendra. (***)

Loading...
Loading...