Jumat | 25 Juni 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Lulus Seleksi, 5 PKM Polbeng Kembali Terima Fasilitas dari Dirjen Pendidikan Vokasi dan Profesi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Sebanyak 5 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) dinyatakan lulus seleksi dan berhak menerima fasilitas dari Dirjen Pendidikan Vokasi.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Direktur Polbeng Johny Custer, ST, MT kepada mediakepri.co.id melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp, Senin, 17 Mei 2021.

Johny mengatakan bahwa Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi telah melaksanakan penilaian terhadap proposal PKM 5 Bidang dan PKM Gagasan Futuristik
Konstruktif (GFK) Tahun 2021.

Yang mana berdasarkan hasil penilaian, diperoleh judul peraih pendanaan PKM Tahun 2021 yakni sebanyak 211 proposal yang dinyatakan lulus seleksi.

“Sebanyak 211 proposal PKM dari seluruh Perguruan Tinggi Vokasi di Indonesia yang dinyatakan lulus. 5 di antaranya merupakan PKM Polbeng,” ungkapnya.

5 Proposal PKM Polbeng yang lulus seleksi tersebut, sambung Johny, yakni

  1. “Sagang TV” Jasa Videografi Profesional dan Content Creator Aneka Genre.
  2. Kreatif Las (BERKELAS) Jasa Pengelasan Produk Kreatif dan Teknologi Tepat Guna.
  3. Intensifikasi Teknik Budidaya Selada dalam Sistem Akuaponik Ikan Lele sebagai Solusi Usaha Pertanian Lahan Sempit.
  4. Loud-Safe Technology, Alat Sistem Keselamatan Diri dalam Upaya Pertolongan Pertama dari Aksi Pembegalan Kendaraan Bermotor di Provinsi Riau.
  5. Sistem Informasi Geografis Web-based Mapping untuk Pemetaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya, Johny mengatakan, dengan didanainya 5 usulan mahasiswa Polbeng dalam program PKM, menunjukan mahasiswa kita mampu membuat proposal yang baik dan mampu berkompetisi dengan mahasiswa lain.

Lebih lanjut Johny juga mengatakan bahwa keberhasilan PKM Polbeng tersebut akan memotivasi mahasiswa untuk menghasilkan inovasi dan kreativitas. Sesuai namanya Program Kreativitas Mahasiswa.

Johny menjelaskan, PKM adalah wadah bagi mahasiswa-mahasiswi untuk mengembangkan kreativitas intelektual dan kecerdasan dalam berorganisasi. Kreativitas merupakan paduan tiga unsur utama dalam diri manusia, yaitu: fikiran, perasaan, dan keterampilan.

“PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2021 di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa,” pungkasya. (juny)