Kamis | 30 Juni 2022 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Pandemi Covid-19, Hasil Tangkap Nelayan Anambas Terus Meningkat

Penanggungjawab Wilker KIPM Anambas, Ramadhani. foto ropi

MEDIAKEPRI CO.ID, Anambas – Kendati masih pandemi Covid-19, namun hasil tangkap ikan nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas terus mengalami peningkatan secara signifikan.

Jumlah pengiriman berbagai jenis ikan mencapai sebesar 88.792,20 ton per tahun berdasarkan Pendekatan Komnaskajiskan (Kepmen KP Kep.45/MEN/2011).

Penanggung Jawab Wilker KIPM Anambas, Ramadhani menerangkan pengiriman ikan tidak ada penurunan, namun bertambah. Dimana Nelayan Anambas dalam seminggu mengirim ikan ke luar daerah  mencapai 2 hingga 3 kali tergantung hasil penangkapan.

Ia mengatakan, ikan yang didapatkan juga tidak tentu, tergantung musim dan cuaca. Dan untuk pengiriman berkisar  15 – 40 ton per pekan.

“Rata-rata ikan dikirim ke Tanjung Pinang, Batam, Kijang, Palembang, Pontianak dan Jakarta, “ungkap Ramadhani, diruang kerjanya, Jumat, 28 Mei 2021.

Senada dengan Ramadhani, Kabid Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) melalui Syamsu Herman mengungkapkan meski berfluktuasi, hasil tangkap nelayan mengalami peningkatan.

“Data yang diperoleh tersebut berdasarkan data statistik dan ada sistem pencacahan, dan tidak semua nelayan yang diambil datanya. Ada rumus-rumus dan data sampling di setiap  daerah, “tutup Syamsu Herman.(ropi)