Rabu | 29 Juni 2022 |
×

Pencarian

KARIMUN

Satpolair Karimun Cegat 2 Kapal Kayu Asal Riau Angkut Penumpang di Perairan Selat Gelam

MEDIAKEPRI.CO.ID, Karimun – Kapal Patroli Satpolair Polres Karimun mencegat 2 kapal kayu yang mengangkut 23 penumpang asal Provinsi Riau di Perairan Selat Gelam, Sabtu, 22 Mei 2021.

Kasat Polair Polres Karimun, Iptu Binsar Samosir mengatakan tindakan ini untuk mengantisipasi arus balik dan penyebaran Covid-19. Jadi, katanya, pihaknya terpaksa memblokir masyarakat yang menggunakan transportasi laut, terutama yang berasal dari luar Provinsi Kepri.

“Kami berhasil memblokade 2 unit kapal kayu pertama dari Upih Penyalai, Kabupaten Kuala Kampar, Provinsi Riau dan satu lagi dari Kecamatan Manda, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau dengan jumlah penumpang sebanyak 23 orang. Karimun,” katanya seperti dikutip media online, Sabtu, 22 Mei 2021.

Binsar Samosir melanjutkan, dari informasi nahkoda kapal kayu, Taufik (24), kapal tersebut diberangkatkan dari Sungai Upih, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan pada Sabtu (22/5/2021) sekitar pukul 06.30 WIB menuju Tanjungbalai Karimun dengan 1.500 butir kelapa tua dan 11 penumpang.

Penumpang kapal tersebut adalah warga Sungai Upih yang akan mengantar anak-anak ke sekolah di SMP Muhammadiyah Karimun.

Sedangkan keterangan nakhoda kapal lainnya, Samsudi (38) bahwa kapal yang ditangkapnya berangkat dari Kecamatan Mandah, Inhil, Provinsi Riau pada Jumat (21/5/2021) dengan tujuan Tanjungbalai Karimun mengangkut 12 penumpang, 4 dewasa. , 8 anak yang semuanya warga Kabupaten Karimun yang sudah pulang.

Tindakan yang dilakukan Satpolair Polres Karimun adalah melakukan pendataan penumpang kapal dan meminta keterangan saksi, berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Karimun dan melakukan uji antigen di Pelabuhan Surbakti Kolong, Telaga Tujuh, Karimun, jelasnya. .

Ia menambahkan, pemblokiran warga yang menggunakan transportasi laut harus dilaksanakan mengingat saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Karimun semakin meningkat tajam dan ini juga agar penyebaran Covid-19 bisa lebih ditekan.

“Selain itu, terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif dan peningkatan kepercayaan kepada Polri,” pungkas Binsar Samosir. (kmg)