Jumat | 25 Juni 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Antisipasi Karlahut, Koramil Siak Gelar Patroli Gabungan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak – Guna mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Babinsa Koramil 03/Siak, Kodim 0303/Bengkakis, Serma Hamidi menggelar patroli gabungan.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan bersama Bhabinkamtibmas, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA), Rabu, 09 Juni 2021.

Adapun sasaran patroli yakni kawasan lahan gambut yang rentan terhadap panas dan mudah terbakar.

“Kami giat patroli di kawasan lahan gambut yang rentan terhadap panas dan mudah terbakar. Ini sebagai upaya pencegahan,” ujar Hamidi.

Hamidi mengatakan, kegiatan patroli dalam rangka mencegah dan mengantisipasi karlahut senantiasa dilakukan oleh pihaknya baik perorangan maupun bersama instansi terkait lainnya.

Lebih lanjut Hamidi mengatakan bahwa Tim Patroli juga melaksanakan sosialisasi dengan memberi imbauan sekaligus mengingatkan keoada para pemanfaat lahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Membuka lahan dengan cara membakar dapat mengakibatkan karlahut. Di samping itu, ada sanksi hukumnya,” ungkap Hamidi.

Dirinya berharap dengan adanya patroli dan sosialisasi tersebut hendaknya dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi dari semua pihak sehingga karlahut dapat diantisipasi secara maksimal.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung tertib dan lancar. Selama patroli berlangsung, tidak ditemukan adanya gejala yang dapat mengakibatkan karlahut. (juny)