Jumat | 25 Juni 2021 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Bendera Asing Berkibar di Laut Natuna Utara, Ini Penjelasan PSDKP Anambas

Tangkap Layar dari video nelayan yang merekam bendera asing tertancap di wilayah Laut Natuna Utara.

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Sebuah video yang diunggah melalui media sosial, terilhat salah satu bendera asing tertancap di tengah perairan Laut Natuna Utara, Provinsi Kepulauan Riau.

Bendera asing yang ditenggarai bendera negara tetangga itu diperkirakan berada di atas 12 mill atau pada posisi koordinat 5°54°557 N 107°09°200 E yang terekam pada kapal nelayan tersebut. 

Video yang diunggah tertanggal 31 Mei 2021 itu langsung dilaporkan nelayan ke pihak Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Satwas SDKP) Kepulauan Anambas, Sabtu 5 Juni 2021.

Menanggapi beredarnya video itu, Koordinator Satwas SDKP Kepulauan Anambas, Widodo menegaskan pihaknya sudah meneruskan informasi atau melaporkan kepada pangkalan PSDKP Batam dan Satwas Kabupaten Natuna.

Dan saat ini kapal milik pangkalan Batam sudah dikerahkan untuk melakukan pemantauan langsung ke laut bagian Natuna Utara.

“Informasi ini kami terima Sabtu 5 Juni 2021 kemudian langsung diteruskan ke Pangkalan PSDKP Batam, “ucap Widodo

Namun timpalnya pakah sudah sampai atau belum ke lokasi tersebut, pihaknya belum dapat informasi lanjut.

“Kita berharap akan ada kejelasan, pasalnya ini menyangkut NKRI di laut Natuna Utara. Dalam waktu dekat kita akan cari tahu, apakah ini benar masik dititik koordinat laut kita atau tidak,  jika benar maka kita akan mencabut keberdaaan bendera asing tersebut,” jelasnya.(ropi)