Jumat | 25 Juni 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Cegah Karlahut, Koramil Merbau Giat Patroli dan Sosialisasi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Meranti — Babinsa Koramil 08/Merbau, Kodim 0303/Bengkalis, Serda Rukmana, giat patroli dan sosialisasi terkait kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah RT. 03 RW 02 Dusun II, Desa Mengkirau, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa, 08 Juni 2021.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan bersama Security dan warga tempatan dalam rangka memantau tanda-tanda berbahaya yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Rukmana mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya pencegahan karlahut yang sudah menjadi tugas rutin jajaran Koramil 08/Merbau.

“Kami lakukan patroli untuk mendeteksi kemungkinan adanya titik-titik api di kawasan yang rawan kebakaran sebagai upaya pencegahan karlahut di wilayah teritorial Koramil 08/Merbau,” ujarnya.

Rukmana juga mengatakan, jika ditemukan tanda-tanda atau gejala yang berbahaya seperti titik api, maka akan segera ditindak lanjuti guna mencegah karlahut.

Selanjutnya Rukmana mengatakan bahwa pihaknya juga melaksanakan sosialisasi dengan memberikan imbauan kepada para pihak pemanfaat lahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Kami ingatkan kepada semua pihak yang senantiasa memanfaatkan lahan agar tidak membuka lahan dengan membakar, karena bisa mengakibatkan karlahut dan ada sanksi pidanannya,” paparnya.

Pelaksanaan kegiatan berjalan aman dan kondusif. Selama kegiatan berlangsung, tidak ditemukan adanya tanda-tanda berbahaya yang bisa mengakibatkan karlahut. (juny)