Senin | 04 Juli 2022 |
×

Pencarian

TANJUNG PINANG

Contact Tracing Covid-19 Gunakan Rapid Tes Antigen secara Gratis

Plt. Kepala Dinas KP2 dan KB Kota Tanjungpinang, dr Nugraheni Purwaningsih . foto andri

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang Timur – Sebagai upaya mempercepat tracing kontak erat (contact tracing) Covid-19, Pemko Tanjungpinang menggunakan Rapid Test Antigen secara gratis.

Demikian Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KP2 dan KB) Kota Tanjungpinang, dr Nugraheni Purwaningsih  menjawab mediakepri.co.id, Kamis 17 Juni 2021.

Alat rapid test antigen itu merupakan bantuam dari Pemprov Kepri sebanyak 2.000 pcs, Juni 2021. Alat ini didistribusikan ke seluruh Puskesmas.

“Karena Tenaga Kesehatan (Nakes) berada di Puskesmas yang akan melakukan tracing kepada masyarakat, “ucapnya.

Ia menjelaskan rapid tes antigen untuk diagnosis pasien yang kontak erat dengan pasien terpapar. Sehingga bisa mempercepat tracing.

“Kalau yang benar, tracing hari ini, besok dah ada hasil. Atau, tracing hari ini, langsung tahu hasilnya. Jadi, ada data real time,” kata dr Nugraheni Purwaningsih

Ia mengakui selama ini, PCR di Tanjungpinang sering mengalami keterlambatan akibat keterbatasan alat dan masih mengandalkan alat uji di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Batam.

“Ini yang menjadi kendala, adalah hasil PCR tidak on time. Sehingga data yang ditampilkan saat ini, adalah hasil uji beberapa hari yang lalu, “ungkapnya. (dri)