Rabu | 28 Juli 2021 |
×

Pencarian

INHIL

Kadin Apresisi Bimtek Gratieks

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tembilahan – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau berharap dengan adanya Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) bisa meningkatkan ekspor komoditi pertanian di Negeri Hamparan Kelapa Dunia. 

“Semoga dengan adanya Gratieks ini bisa meningkatkan komoditi ekspor di Inhil,” sebut Ketua Kadin Inhil, Edy Indra Kesuma, Jumat, 18 Juni 2021. 

BACA: Balai Karantina Pekanbaru Rutin Lakukan Patroli

Dia mengatakan, bahwa saat ini komoditi yang paling sering di ekspor di Inhil adalah kelapa dan turunannya. 

Selain itu, Edy juga berharap dengan tidak hanya komoditi kelapa dan turunan saja yang bisa menjadi peringkat satu ekspor di Inhil. 

BACA: Balai Karantina Pekanbaru Tergetkan Komoditi Ekspor Terus Meningkat

“Semoga kedepan, tidak hanya komoditi kelapa yang menjadi komoditi ekspor tertinggi di Inhil. Semoga ada komoditi unggulan lainnya,” bebernya. 

Diketahui, persentase eskpor tahun 2020 untuk wilayah kerja Tembilahan sebesar sekitar 17 persen dengan komoditas ekspor seperti buah pinang, pisang, cengkeh damar, gula merah, kapulaga, karung guni, kencur, kulit kayu manis, lada biji, madu, nipah, pinang biji, ragi, rempah-rempah, sawit (cangkang),  talas, dan tepung sagu. 

Selain itu terdapat pula komoditi eskpor kelapa beserta turunannya seperti kelapa bulat, air kelapa, arang, kelapa parut, kelapa serabut, minyak kelapa, minyak kelapa mentah, dan santan kelapa.  

Sementara itu, untuk tujuan negara eskpor yakni Algeria, Australia, China, Danmark, France, Germany, Hongkong, Italy, Malaysia, Martinique, Netharlands, New Zearland, Norway, Poland, Saudi Arabia, Singapore, South Afrika, South Korea, Spain, Taiwan, Thailand, Ukraine, UK, US dan Uruguay.