Jumat | 25 Juni 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Lestarikan Alam, Koramil Bengkalis Giat Patroli Antiisipasi dan Cegah Karlahut

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Babinsa Koramil 01/Bengkalis, Kodim 0303/Bengkalis, Serda Armansyah, giat patroli terkait kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Wilayah Desa Brancah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Kamis, 10 Juni 2021.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan bersama aparat desa dan warga tempatan dalam rangka mengantisipasi serta mencegah terjadinya karlahut.

“Kami lakukan patroli ini untuk memantau keadaan lahan dan hutan dari kemungkinan adanya titik api (hot spot) atau tanda-tanda yang dapat mengakibatkan karlahut. Ini merupakan upaya antisipasi dan pencegahan,” ujarnya.

Selanjutnya ia mengatakan, karlahut dapat diantisipasi dan dicegah dengan menjalin kerja sama dan koordinasi yang baik serta memaksimalkan peran dari semua pihak.

Selain itu, sambungnya, membuka lahan dengan membakar juga sangat tidak dianjurkan dan merupakan hal yang dilarang oleh pemerintah.

“Membuka lahan dengan cara membakar, di samping dapat mengakibatkan kebakaran yang merugikan orang banyak juga ada sanksi hukumnya,” ungkapnya.

Maka dari itu, ia berharap agar semua pihak dapat lebih menyadari tentang pentingnya menjaga lahan dan hutan dari kebakaran demi masa depan anak bangsa.

“Mudah-mudahan para pihak dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi sehingga karlahut dapat dicegah,” pungkasnya.

Pelaksanaan patroli berjalan lancar, aman dan kondusif. Selama patroli berlangsung, tidak ditemukan adanya titik api (hot spot) penyebab kebakaran. (juny)