Senin | 04 Juli 2022 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Peringati HLHS 2021, SMPN 1 Palmatak Tanam Puluhan Bibit Pucuk Merah

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas –   Sempena  peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS), SMP Negeri 1 Palmatak menggelar penanaman bibit pohon pucuk merah sebanyak 34 pohon bibit pucuk merah di lapangan Desa Tebang, Minggu, 6 Juni 2021.

Kegiatan dengan mengusung tema “Cintai Alam Dengan Menanam” dengan tujuan meningkatkan kesadaran setiap individu secara global terhadap kebutuhan pengambilan tindakan positif dalam upaya perlindungan dan penyelamatan bumi.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, puluhan bibit pohon tersebut ditanam serentak oleh Kepala Sekolah Moh. Muslih berserta guru dan siswa siswi SMP Negeri 1 Palmatak bersama Kepala Desa Tebang, Yuherdi.

Selain itu, perangkat desa dan stakeholder Desa Tebang, turut melakukan penanaman pohon itu Sekdes Tebang  dan anggota BPD Tebang

Kepala SMP Negeri 1 Palmatak, Moh. Muslih, S.Pd mengakui tidak mau melewatkan momen HLHS 2021 guna membangun kesadaran dan kepedulian lingkungan seluruh warga dan sekolah dengan membuat sebuah kegiatan donasi tanaman.

“Meskipun kegiatan dilaksanakan lewat sehari dari tanggal peringatan 5 Juni 2021, namun kami tetap melaksanakan momen penting ini, mengingat SMP N 1 Palmatak sejak  2019  mendapatkan peringkat Adiwiyata Nasional dalam penerapan Sekolah Peduli dan berbudaya lingkungan, dimana sekolah sendiri sudah menerapkan program peduli dan berbudaya lingkungan sejak tahun 2016,” kata Muslih.

Hari lingkungan hidup ini katanya dijadikan momen-momen besar dalam upaya membangun kesadaran dan kepedulian seluruh warga sekolah terhadap lingkungan. Sehingga pada akhirnya dimasa depan menjadi para penyelamat lingkungan.
 
Dikatakan Muslih, penanaman dilakuan dalam bentuk kemitraan. SMPN 1 Palmatak sudah menjalin kemitraan dengan desa, masyarakat yang berperan pendukung materi dalam bentuk kegiatan nyata memberikan bantuan bibit tanaman.

Pada kesempatan itu Muslih berharap setiap kegiatan dan upaya yang dilakukan dalam membangun karakter peduli dan berbudaya lingkungan betul-betul membuahkan hasil, dengan terwujudnya lingkungan bersih, hijau, rindang dan asri.

Sementara itu Yuherdi menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap warga atau masyarakat Desa Tebang terinspirasi dan mendapatkan contoh baik dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

“Semoga desa bersih dari sampah, setiap warga menjaga kelestarian tanaman, artinya tidak sembarangan menebang pohon dan mau menanam,” kata Kades Yuherdi. (ropi)

.