Jumat | 25 Juni 2021 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Selama Sepekan, 10 Kapal Illegal Fishing Asing Ditangkap di Laut Natuna Utara

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Selama sepekan 3 Juni hingga 8 Juni, Pemerintah Indonesia telah menangkap kapal illegal fishing sebanyak 19 kapal.

10 diantara belasan kapal itu ditangkap di Laut Natuna Utara. Masing-masing 7 kapal  berbendera Vietnam dan 3 kapal Malaysia.

Kemudian 2 kapal berbendera Filiphina ditangkap di Laut Sulawesi. Sementara itu
7 kapal berbendera Indonesia ditangkap di perairan Selat Malaka. Tujuh kapal ini  menggunakan alat tangkap trawl yang tidak ramah lingkungan dan tidak dilengkapi dokumen lengkap.

Penangkapan kapal ilegal fishing itu disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono pada konfrensi pers secara online, Kamis 10 Juni 2021.

Menteri Trenggono juga  mengapresiasi kerja keras tim Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP).

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan  apresiasi kerja keras tim pengawas PSDKP yang tak kenal lelah dalam menjaga kekayaan laut Indonesia dari praktik illegal fishing, khususnya yang dilakukan oleh kapal-kapal penangkap ikan asing, “apresiasinya.

Menteri Trenggono menyampaikan bdragam upaya terus dilakukan untuk memberantas praktik illegal fishing di wilayah pengelolaan perikanan Indonesia. Mulai dari memperkuat infrastruktur dengan menambah armada pengawas, penerapan teknologi, memperkuat sinergi dengan TNI AL, Polri dan Bakamla, hingga strategi diplomasi dengan negara-negara di dunia.

“Saya sudah mengusulkan ke Presiden Joko Widodo untuk kapal-kapal illegal fishing yang berhasil ditangkap, agar sebagian dapat diberikan kepada nelayan tradisional sebagai bantuan, “ujarnya.(*/ropi)