Minggu | 14 Agustus 2022 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Wow! Discount Besar-besaran Vonis Jaksa Pinangki

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang ‘mencukur’ vonis hukuman terdakwa jaksa Pinangki Sirna Malasari secara besar-besaran menuai polemik.

Keputusan tersebut dianggap tidak mencerminkan rasa keadilan dan semangat dalam memberantas kasus korupsi di tanah air.

Sebelumnya Pinangki telah divonis pengadilan dengan hukuman 10 tahun penjara, namun dalam tingkat banding hukuman tersebut dipangkas 6 tahun hingga menjadi 4 tahun penjara.

Dalam laman resminya pihak Indonesia Coruption Watch (ICW) menyesalkan terhadap putusan banding tersebut.

“ICW menilai putusan banding Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terhadap jaksa Pinangki Sirna Malasari sudah keterlaluan.” tulis peneliti ICW Kurnia Ramadhana.

Diketahui bahwa Pinangki sebelumnya telah dinyatakan terbukti bersalah atas kasus penerimaan suap, pemufakatan jahat, dan pencucian yang melibatkan koruptor kelas kakap Djoko Tjandra.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan atas pengurangan vonis Pinangki di tingkat banding, diantaranya ialah bahwa Pinangki telah mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya, merelakan melepas jabatannya sebagai jaksa. Dan Pinangki juga mempunyai seorang anak balita yang dianggap layak diberi kesempatan untuk mengasuh dan memberi kasih sayang anaknya di masa pertumbuhan. (dodi)