Kamis | 05 Agustus 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Bersama Tim Gabungan, Koramil Minas Giat Patroli dan Sosialisasi Terkait Karlahut

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak – Babinsa Kampung Rantau Bertuah, Koramil 09/Minas, Kodim 0303/Bengkalis, Serda Sugiarto, melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi terkait pencegahan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Wilayah Kampung Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Rabu, 21 Juli 2021.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan bersama Bhabinkamtibmas, Masyarakat Peduli Api (MPA) serta Manggala Agni dan warga tempatan dalam rangka mengantisipasi serta mengimbau dan memberi pemahaman kepada warga terkait pencegahan karlahut.

Sugiarto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian jajaran Koramil 09/Minas terhadap kelestarian lingkungan khususnya lahan dan hutan di wilayah binaan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya karlahut serta pentingnya menjaga kelestarian hutan dengan tidak membuk lahan dengan cara membakar,” ujar Sugiarto.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa melakukan pembakaran di kawasan lahan dan hutan di samping dapat mengakibatkan kebakaran juga ada sanksi hukumnya.

Maka dari itu, jangan pernah sekalipun membuka lahan dengan cara membakar. Demi kelestarian alam dan lingkungan serta keselamatan diri sendiri dan keluarga.

Lebih jauh Sugiarto mengatakan, bagi semua pihak pemanfaat lahan maupun pihak lainnya agar saling berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik terkait pencegahan karlahut.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, masyarakat akan semakin menyadari tentang bahaya karlahut sehingga dapat saling menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan meningkatkan koordinasi dan kerja sama yang baik,” ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung tertib dan lancar. Keadaan lahan dan hutan dalam keadaan aman dan kondusif. Masyarakat memberi apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut. (juny)