Kamis | 05 Agustus 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Jaga Kelestarian Lahan dan Hutan, Koramil Minas Giat Patroli dan Sosialisasi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak – Babinsa Koramil 09/Minas, Kodim 0303/Bengkalis, Kopda AKP Hutagalung, giat patroli dan sosialisasi terkait kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah Kelurahan Minas Barat, Kecamatan Minad, Kabupaten Siak, Senin, 19 Juli 2021.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan bersama Bhabinkamtibmas, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan warga tempatan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya karlahut.

AKP Hutagalung mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian jajaran TNI Koramil 09/Minas dalam menjaga kelestarian lahan dan hutan di wilayah binaan.

“Patroli dan sosialisasi ini dilakukan untuk mengedukasi serta mengimbau dan memberi pemahaman kepada warga tentang pencegahan karlahut,” ujarnya.

Tujuannya, agar masyarakat memahami tentang bahaya karlahut serta pentingnya menjaga kelestarian hutan dengan tidak melakukan pembakaran di kawasan lahan dan hutan terutama yang rawan kebakaran.

Selain itu, ujarnya lagi, diharapkan bagi semua pihak agar saling berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik terkait pencegahan karlahut tersebut.

“Jika mendapati ada titik api maupun upaya pembakaran lahan dan hutan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, hendaknya segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar dapat segera ditindak lanjuti,” imbuhnya.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, masyarakat akan semakin menyadari tentang bahaya karlahut sehingga dapat saling menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung tertib dan lancar. Selama kegiatan berlangsung, tidak ditemukan adanya karlahut. Masyarakat memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut. (juny)